Logo Eventkampus

Rimbang? Inilah Manfaatnya

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Rimbang? Inilah Manfaatnya

Pernahkah anda menderngar rimbang? Pasti masih terasa asing bagi kalian.

Rimbang adalah nama sebuah tanaman yang masih satu kerabat dengan terong. Jika dilihat sekilas, rimbang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan tanaman leunca.

Rimbang memang tidak seterkenal kerabatnya yaitu terong, tapi rimbang memiliki khasiat yang menakjubkan lho...

Berikut khasiat yang terdapat pada rimbang.

1. Memperlancar Peredaran Darah

Rimbang ternyata dapat melancarkan peredaraan darah lho..

Kandungan senyawa flavonoid pada rimbang, baik daun maupun buahnya, menjadi alasan mengapa tanaman herbal yang satu ini disebut-sebut bisa memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

2. Mencegah Diabetes

Rimbang mencegah diabetes. Mengonsumsi rimbang secara rutin juga dipercaya dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga risiko terkena penyakit diabetes dapat diminimalisir.

3. Mencegah dan Mengatasi Peradangan

Pada rimbang juga terdapat kandungan senyawa bernama campesterol.

Campesterol adalah senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi. Alhasil, mengonsumsi rimbang secara tepat dapat mencegah tubuh Anda dari peradangan. 

4. Mengatasi Infeksi

Khasiat rimbang untuk mengobati infeksi dikarenakan tanaman herbal ini diperkaya oleh  zat-zat antimikroba dan juga antibakteri.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan zat pada tanaman rimbang yang memiliki nama lain takokak ini juga diklaim efektif dalam mengatasi sejumlah masalah pencernaan.

Sejumlah penyakit sistem pencernaan seperti diare, sakit perut, dan maag bisa diatasi oleh tanaman rimbang ini.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit ditunjang oleh sistem imun yang kuat.

Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi rimbang. Manfaat rimbang untuk meningkatkan imunitas dihasilkan oleh kandungan vitamin C di dalamnya. 

Akan tetapi, belum dapat dipastikan apakah vitamin C yang terkandung di dalam rimbang memiliki dampak besar terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh tersebut.

7. Meminimalisir Risiko Penyakit Kardiovaskular

Waarr biasa ternyata manfaat rimbang lainnya yang tak kalah penting adalah untuk meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Lagi-lagi, khasiat rimbang yang satu ini dikarenakan tanaman yang juga dijuluki ‘beri Turki’ tersebut mengandung vitamin C. Dari hasil studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Michigan, AS, dikatakan bahwa vitamin C memiliki peran yang cukup krusial dalam melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular.

8. Mencegah Kanker

Rimbang adalah tanaman yang diperkaya oleh senyawa flavonoid. Senyawa ini merupakan antioksidan yang fungsi utamanya adalah untuk menangkal serangan radikal bebas pemicu penyakit kanker.

Fungsi flavonoid tersebut akan dibantu oleh vitamin C. Sebagaimana diketahui, vitamin C adalah vitamin yang juga memiliki sifat antioksidan.

9. Merawat Fungsi Jantung

Adanya kandungan potasium pada rimbang ini lantas menghasilkan manfaat rimbang terkait dengan organ jantung. Dikatakan bahwasanya potasium efektif untuk merawat fungsi jantung, khususnya menjaga kekuatan otot jantung sehingga organ pemompa darah ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Itulah beberapa khasiat rimbang yang banyak orang tidak tau.

Semoga bermanfaat :)

Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

Khasiat buah kedondong
24 Januari 2020
Inilah Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru
28 Februari 2020
Apakah metabolisme sama dengan mencerna???
03 Maret 2020
Beberapa makanan yang sering menyebabkan alergi perlu anda waspadai!!
03 Maret 2020
Pantangan yang harus dipatuhi pada penderita penyakit asam urat!!
03 Maret 2020
Khasiat Ular Kobra, Ternyata Dapat Sembuhkan Kanker
13 Maret 2020

Komentar