Logo Eventkampus

Buah Sukun? Inilah Manfaatnya

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Buah Sukun? Inilah Manfaatnya

Buah sukun? Buah yang kerap mendapat julukan sebagai ‘breadfruit’ ini kerap diolah menjadi penganan dalam bentuk gorengan. Ternyata sukun juga bermanfaat bagi kita.

Kandungan Nutrisi Buah Suku.Sama seperti buah pada umumnya, buah sukun adalah buah yang kaya akan manfaat. 

Manfaat Buah Sukun yang mungkin anda tidak ketahui

1. Menghalau Radikal Bebas

Bagu kalian yang mengidap radikal bebas, ternyata sukun dapat menghalau radikal bebas. Manfaat buah sukun yang pertama adalah untuk menghalau radikal bebas. Pasalnya, sukun mengandung zat flavonoid yang memiliki sifat antioksidan.

Mengonsumsi buah sukun secara rutin kiranya patut Anda lakukan guna mencegah tubuh terpapar radikal bebas. 

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sukun juga dapat menurunkan kadar kolestrol. Adanya kandungan serat menjadi alasan mengapa buah sukun diklaim efektif guna mencegah agar jangan sampai kolesterol jahat menguasai tubuh.

Pasalnya, kolesterol jahat yang memiliki kadar berlebihan berpotensi menyebabkan tubuh terserang penyakit-penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke, yang mana kedua penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, memasukkan buah sukun ke dalam daftar menu sehari-hari juga sangat disarankan. Ya, buah sukun ternyata juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, lho.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang bermasalah dengan berat badan, ternyata sukun dapat menjadi solusi bagi anda yang ingi menurunkan berat badan. 

Manfaat buah sukun untuk menurunkan berat badan dikarenakan buah ini mengandung karbohidrat kompleks, yang mana hal tersebut dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga frekuensi makan bisa sedikit ditekan guna menunjang keberhasilan diet Anda.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan mineral yang terdapat pada buah sukun lantas menghasilkan manfaat sukun untuk mengendalikan tekanan darah. Dengan begitu, risiko untuk terkena penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat semakin diminimalisir.

Manfaat makan sukun untuk mengendalikan tekanan darah oleh karena buah ini diperkaya oleh sejumlah mineral seperti zat besi dan fosfor, yang mana keduanya memang memiliki peran penting terkait kesehatan sistem peredaran darah.

Ditambah lagi, adanya senyawa fitokimia pada sukun efektif untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah yang tentunya kondisi ini dapat membahayakan diri Anda.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tubuh yang tidak mudah terserang penyakit pastilah memiliki daya tahan tubuh yang baik. Guna meningkatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi sukun secara rutin adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Manfaat makan sukun untuk menjaga daya tahan tubuh oleh karena sukun mengandung banyak vitamin C di dalamnya, tepatnya 29 miligram (48 persen dari total angka kebutuhan vitamin C harian). Vitamin C sendiri adalah vitamin yang memiliki tugas untuk melawan infeksi penyakit, bahkan radikal bebas sekalipun mengingat vitamin ini berifat antioksidan.

Itulah beberapa manfaat buah sukun yang mungkin anda sendiri tidak tahu

Semoga Bermanfaat :)


Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

HATI HATI DENGAN DUDUK TERLALU LAMA
25 Juli 2018
Hal Yang Sunah Dilakukan Dihari Jumat
21 Februari 2020
Ini dia Beberapa Manfaat Cocor Bebek
02 Maret 2020
Daun Jarak? Inilah Manfaatnya
02 Maret 2020
Bisa Untuk Diet Inlah Beberapa Manfaat Beras Merah
02 Maret 2020
Tanaman Pakis? Inilah Manfaatnya
03 Maret 2020

Komentar