Logo Eventkampus

Tips Pilih Sepatu Untuk Mendaki Gunung

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Pilih Sepatu Untuk Mendaki Gunung

Tips Pilih Sepatu Gunung Yang Nyaman

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang membutuhkan persiapan khusus. Shtepatu gunung banyak digunakan para pendaki saat menapaki medan di gunung, selain sandal gunung tentunya.
 Berikut ini tips memilih sepatu gunung agar kakimu tidak tersakiti:

 1. Pilih ukuran yang lebih besar Jika sepatu sehari-hari biasanya memiliki ukuran yang pas dengan kaki, maka hal itu tidak berlaku saat kamu memilih sepatu gunung. pastikan ada ruang cukup di depan ujung kaki. Itu penting agar kaki tidak tersiksa, terutama saat turun gunung..

Jika ukuran sepatu pas dengan kaki, maka ujung jari kaki, terutama ibu jari akan sangat tersiksa saat turun gunung karena tertekan dan langsung terhimpit ujung sepatu. Hal itu biasanya menyebabkan cidera seperti kuku lepas. Adanya ruang lebih di ujung sepatu juga membuatmu bisa mengenakan kaus kaki tebal atau ganda agar kaki semakin terlindungi.

 2. Periksa leher sepatu Jika kamu sudah membidik satu sepatu yang ukurannya tepat dan modelnya sesuai keinginan, maka hal penting lainnya adalah, periksa leher sepatu. Kamu harus memastikan leher sepatu memiliki lapisan yang lembut agar bagian atas tumitmu terlindungi.
leher sepatu akan sering bergesekan dengan bagian atas tumit. Jika lapisan leher sepatu keras, maka bersiaplah untuk terluka di bagian atas tumit

3. Sesuaikan tinggi leher sepatu dengan medan pendakian Saat kamu memilih sepatu di toko alat-alat outdoor, ada beberapa jenis sepatu gunung yang memiliki leher tinggi dan pendek. Untuk memutuskan jenis mana yang harus dipilih, kamu harus menyesuaikannya dengan medan pendakian nanti. Selain lebih ringan, biasanya sepatu gunung dengan leher pendek juga lebih mudah Sementara itu, sepatu dengan leher tinggi pas digunakan untuk mendaki gunung dengan medan yang panjang dan cukup berat Itu karena leher sepatu yang panjang lebih maksimal dalam melindungi kaki, terutama bagian mata kaki.

4. Periksa sol sepatu Sol sepatu gunung tentu berbeda dengan sepatu sehari-hari atau sepatu lari. Itu karena sol sepatu gunung harusnya didesain untuk melewati mendan pendakian gunung yang kerap licin atau berbatu.
oleh karena itu, pilih sepatu gunung yang solnya berceruk tajam dan bagian punggung sol tinggi. Sol sepatu seperti itu akan membantu kakimu menapak dengan mantap saat melewati medan gunung yang berbatu pilih sepatu yang sol tumitnya besar dan kuat serta terbuat dari karet atau sintetis serupa. Sol tumit berguna untuk menahan laju badanmu saat turun gunung dan juga agar kamu tidak mudah terpeleset.



Penulis

foto Deny putra ardyansyah
Deny putra ardyansyah
NAMA DENY PUTRA ARDYANSYAH

Artikel Terkait

Tips Agar Tidak Mudah Lupa
09 April 2018
TRIK MEMBENTUK OTOT DADA TIDAK PERLU KE TEMPAT FITNES
10 Juli 2018
4 cara agar semangat kerja
31 Juli 2018
Tips dan Trik Lolos SNMPTN
27 Desember 2019
Sering Diabaikan, Ini Manfaat Tanaman Krokot, Bisa Cegah Risiko Serangan Jantung dan Stroke
24 Februari 2020
Sistem Imun yang Kuat Dapat Mencegah Virus Corona
31 Maret 2020

Komentar