Logo Eventkampus

Tidak Hanya Rasanya yang Enek Ternyata Rebung Juga Banyak Manfaatnya

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Tidak Hanya Rasanya yang Enek Ternyata Rebung Juga Banyak Manfaatnya

Rebung? Sudah tidak asing lagi dengan rebungkan. Rebung merupakan tunas dari bambu, rebung biasanya dimasak dengan sayur-sayuran lainya.

Berikut manfaat dari rebung

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

 dapat membantu menurunkan berat badan. Bila kamu mengonsumsi 3,5 ons atau ¾ cangkir rebung yang sudah dimasak, kalori yang dihasilkan hanya 12-19 kalori. 

Rebung kalengan mengandung 3 gram karbohidrat, sedangkan rebung segar mengandung 2 gram karbohidrat. Kendati demikian, keduanya menawarkan sekitar 1,6 gram protein.


Namun, bila kamu mengolah rebung dengan santan, minyak, ataupun campuran lainnya yang berpotensi merusak khasiat dari rebung, tentu manfaat ini tak akan bisa dirasakan sepenuhnya.

2. Melancarkan Buang Air Besar


Manfaat rebung yang kedua adalah dapat melancarkan buang air besar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rebung merupakan sumber serat yang baik. Bila kamu mengonsumsi 3,5 ons rebung yang sudah dimasak matang, kamu sudah memenuhi 4 persen kebutuhan serat harian yang dianjurkan.


Dikutip dari KlikDokter, serat dalam rebung berfungsi untuk menambah berat tinja sekaligus melembutkannya. Bila kamu sedang mengalami konstipasi, mengonsumsi rebung bisa membantu tinja melewati usus besar dengan lebih mudah. Dengan begitu, kamu tak perlu mengejan berlebihan atau menunggu lama saat hendak buang air besar.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat rebung untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat dalam rebung tak cuma baik untuk pencernaan, tapi bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dalam darah.


Kolesterol jahat atau LDL dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti sumbatan di peredaran darah yang biasanya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Kanker

Selain itu, rebung juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Sebuah penelitian dari Washington State University, senyawa asam fenolik dalam rebung dapat memberikan perlindungan antioksidan terhadap penyakit jantung dan kanker.


Fitokimia lain dalam rebung, yaitu lignan, bersifat antijamur dan antivirus sehingga membuat kamu tak mudah terserang penyakit. Lebih dari itu, rebung mengandung fitosterol dan fitonutrien yang dapat menjaga fungsi jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat rebung juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini bisa menjadi alternatif kamu dalam menjaga kesehatan kulit.


Bila kamu biasanya menggunakan bahan yang itu-itu saja, kini saatnya beralih ke rebung. Pasalnya, rebung mengandung vitamin E dan C yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Semoga Bermanfaat :)

Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

HATI HATI DENGAN DUDUK TERLALU LAMA
25 Juli 2018
Hal Yang Sunah Dilakukan Dihari Jumat
21 Februari 2020
Tanaman Pakis? Inilah Manfaatnya
03 Maret 2020
Kumis Kucing? Inilah Beberapa Manfaat dari Kumis Kucing
03 Maret 2020
Buah Sukun? Inilah Manfaatnya
10 Maret 2020
Kakao? Berikut Manfaat kakao
13 Maret 2020

Komentar