Logo Eventkampus

Empati Masyarakat Diperlukan Kurangi Penyebaran COVID-19

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Empati Masyarakat Diperlukan Kurangi Penyebaran COVID-19

Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 terutama dari Orang Tanpa Gejala (OTG) masyarakat harus menumbuhkan rasa empati kepada orang lain, kata Guru Besar UB Prof Sutiman.
"Salah satu empati masyarakat bisa diwujudkan dengan memakai masker. Memakai masker disini bukan untuk diri sendiri tapi untuk orang lain yang lemah dan rentan terkena COVID-19 atau yang biasa disebut Cormobid," kata Pencipta rokok sehat tersebut.
Jika hal ini bisa ditumbuhkan, kata dia, bukan mustahil suatu saat nanti Indonesia menjadi sebuah negara maju, sebab ciri negara maju adalah masyarakat yang mempunyai kepekaan sosial terhadap orang lain. 
"Di negara maju sebuah masyarakat dengan anggota masyarakatnya berstatus tangan diatas atau asking people what Can I Do for you," kata profesor bidang Biologi Sel dan Molekuler tersebut.Dia mengatakan dengan kepekaan yang dimiliki masyarakat, maka akan tumbuh rasa untuk tidak menimbulkan masalah dengan orang lain.
Ia menambahkan, model hidup baru yang saat ini diterapkan pada masyarakat Indonesia merupakan sebuah proses pendidikan yang sebenarnya sudah sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti Posyandu, sepuluh program Pokok PKK, dan 3 M (Menguras, Menutup, dan Mengubur) untuk mencegah Demam Berdarah.
"Kebiasaan-kebiasaan baru ke masyarakat untuk hidup yang lebih baik dan sehat sudah sering dilakukan. Sekarang tergantung dari niat kita harusnya untuk bersatu memerangi musuh bersama yang dinamakan COVID-19," katanya.[Oky Dian/Humas UB] 



Sumber : https://prasetya.ub.ac.id/berita/Empati-Masyarakat-Diperlukan-Kurangi-Penyebaran-COVID-19-24513-id.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Sosialisasi PKM 2020 Langkah Awal Rebut Kembali Juara Umum PIMNAS
20 November 2019
Kemenkes RI Lakukan Audit Sertifikasi CPAKB Pada Pendeteksi Diabetes UB
12 Desember 2019
Tingkatkan Mutu Masyarakat Pesisir Mahasiswa UB Memperoleh Perak di Malaysia
18 Desember 2019
Menyulap Limbah Menjadi Pembangkit Listrik Terbarukan, Mahasiswa Teknik Raih Juara 1
18 Desember 2019
Disertasi Sinar Yani Angkat Potensi Bawang Tiwai Terhadap Periodontitis
21 Januari 2020
Atlet Catur UB Berjaya di Kancah Internasional
20 Februari 2020

Komentar