Logo Eventkampus

KKNT ITS Edukasi Siswa SD Seputar Covid-19

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
KKNT ITS Edukasi Siswa SD Seputar Covid-19

Ketua Kelompok 30 KKNT, Dhea Kartika Cahyaningrum menyampaikan bahwa sosialisasi ini dibagi berdasarkan tingkat kelas. Yakni kelas empat, lima, dan enam SD. Di mana setiap jenjangnya dicerdaskan oleh personel yang berbeda. “Kami yang berjumlah 12 orang, dibagi menjadi tiga kelompok kecil yang beranggotakan empat mahasiswi,” sambung Dhea, sapaan akrabnya.

Bersama rekannya, ia membagikan materi kreatif terkait gejala serta cara mencegah Covid-19 dalam bentuk video interaktif dan PowerPoint. Konten yang mereka bahas juga meliputi aturan penggunaan masker, protokol kesehatan, serta pentingnya menjaga kebugaran selama pandemi berlangsung. Selain itu, mereka juga merancang website menarik yang dapat diakses melalui https://itskknt30.wordpress.com. “Ada pula akun Instagram yang juga berfungsi untuk menyebarluaskan informasi,” tambahnya.

Tidak hanya diberikan materi, Dhea mengungkapkan, siswa-siswi ini juga diajak berdiskusi secara kelompok perihal pandangan mereka terhadap Covid-19. Setelahnya, para siswa ini ditugaskan membuat poster dan foto kreatif dengan harapan dapat mengajak lingkungan mereka menghindari penyakit ini. “Mereka sangat antusias melantangkan jargon hindari Covid-19 dan slogan di rumah saja lewat penugasan,” ujar mahasiswi angkatan 2018 ini bersemangat. 

Menyikapi hal tersebut, Kepala Sekolah SDN Kedungbanteng, Rochmatul Ira menyampaikan bahwa pihak sekolah merasa sangat gembira dapat menyambut mahasiswa ITS dalam program KKNT ini. Terlebih, menurutnya, program pencerdasan ini sejalan dengan sinergi sekolah. “Saya harap ITS dapat terus menurunkan mahasiswanya untuk membimbing adik-adik mereka di sekolah dasar,” pesan Ira, sapaan akrabnya.

Helatan KKNT Kelompok 30 ini resmi berakhir pasca Dhea dan tim memberikan donasi untuk peserta program KKNT mereka, Ahad (20/9) lalu. Donasi dari ITS ini meliputi 70 paket alat pelindung diri (APD) seperti masker, face shield, hand sanitizer serta ragam peralatan sekolah macam buku, pensil, dan penghapus. “Kami juga memberikan vendel sebagai rasa terima kasih kami bagi pihak SD,” terangnya antusias.

Tidak sendirian, Dhea menuntaskan KKNT ini bersama para rekannya dari tiga departemen berbeda. Selain dirinya, terdapat Melinda Andriani C, Rr Andriana Ajeng, Rafidah Mugi MP, Aida Fauziah, Indira Maharani HP, Theresia Anindya P, Fadhela Anindya R, dan Nabela Aristya F dari Departemen Aktuaria. Kemudian, ada Auliyah Safitri SP, Theresia Anindya P, dan Hafidza Qoulan S dari Departemen Matematika. Dan terakhir ialah Farida Afira B dari Departemen Sistem Informasi. 

Dhea berkata, mayoritas dari mereka belum pernah bertemu sebelum adanya program KKNT ini. Meskipun demikian, mereka dapat bahu-membahu bekerja sama selama satu bulan lebih untuk menyukseskan amanah mereka. “Kami sangat senang dapat mencerdaskan adik-adik kami sekaligus berkontribusi dalam program KKNT ITS,” pungkas pengurus Himpunan Mahasiswa Aktuaria ini. (dik/hen)



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2020/09/30/kknt-its-edukasi-siswa-sd-seputar-covid-19/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Sosialisaikan Potensi Ekspor Jawa Timur kepada Mahasiswa ITS
25 Oktober 2019
Mahasiswa ITS Rancang Bendungan Tahan Gempa
29 Oktober 2019
Ciptakan Bata Tanah Padat Ramah Lingkungan, Raih Guru Besar di ITS
16 November 2019
Go-Tap, Maksimalkan Penggunaan e-KTP Serbaguna dalam Suatu Sistem
21 November 2019
Mahasiswa ITS Rumuskan Pengurangan Risiko Bencana pada Pembangunan Pabrik CS2
28 November 2019
Gagas Kotak Pendingin Ramah Lingkungan, Tim ITS Juara di Korea
11 Desember 2019

Komentar