Rateja Karya Mahasiswa UNS Raih Prestasi di Ajang KOIN

access_time | label Berita
Rateja Karya Mahasiswa UNS Raih Prestasi di Ajang KOIN

UNS – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengukir prestasi pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) 6th KOIN yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada Minggu (20/9/2020).

Pada ajang ini, tim UNS yang bernama Tim Rateja berhasil menyabet juara 3. Tim Rateja sendiri terdiri dari Eryneta Nurul Hasanah dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jawa angkatan 2017, Ayuni Diah Melani dari Prodi Sastra Daerah angkatan 2018 dan Abdul Azis dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Surakarta angkatan 2018. Mereka berhasil mencetuskan karya ilmiah berjudul Rateja: Inovasi Pengenalan Budaya Jawa dan Pembentukan Karakter pada Generasi Milenial melalui Aplikasi Suara Tembang Jawa Berbasis Android.

Mereka telah melalui beberapa tahap lomba seperti pengumpulan video, presentasi, hingga tanya jawab dengan para juri. Awalnya, lomba akan dilaksanakan di Unnes namun karena terkendala pandemi Covid-19 akhirnya dilaksanakan secara daring.
“Harusnya di Unnes tapi ini jadinya online. Jadinya lombanya di rumah masing-masing,” jelas Eryneta, Sabtu (3/10/2020).

Eryneta sendiri sudah pernah menjuarai beberapa kompetisi esai dan LKTI sebelumnya. Dalam berkompetisi, ia selalu memegang teguh pesan dosennya yang mengatakan bahwa setiap manusia memiliki jatah gagal dan sukses.

“Kita tidak tahu berapa perbandingan antara jatah itu, yang terpenting sekarang kita harus menghabiskan jatah gagal agar kita tinggal menikmati jatah sukses kita kemudian,” terangnya.

Ia juga berpesan agar tetap produktif dan berprestasi meski di masa pandemi. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, ia mengaku ingin membawa nama baik kampus sebelum benar-benar lulus.
“Di tahun terakhir saya studi di UNS, saya ingin lebih membawa nama baik Prodi, universitas, dan bermanfaat bagi sesama dengan cara saya,” ujar Eryneta.

Terakhir, mewakili teman-temannya, Eryneta memberikan sepercik motivasi bagi mahasiswa UNS yang lain agar dapat meraih prestasi.
“Pesan saya untuk teman-teman pembaca, tetap semangat, teruslah berani mencoba, dan jangan takut gagal. Sesungguhnya, meskipun kita gagal, setidaknya kita telah menang, menang melawan diri kita sendiri di saat teman-teman kita rebahan. Kita telah menang melawan nafsu untuk tidak ikut-ikutan rebahan. Tetap semangat,” pungkas Eryneta. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-students/rateja-karya-mahasiswa-uns-raih-prestasi-di-ajang-koin.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Share

Komentar

Komentar