Logo Eventkampus

Inovasi Mahasiswa ITS untuk Kurangi Limbah Baterai Komersial

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Inovasi Mahasiswa ITS untuk Kurangi Limbah Baterai Komersial

Mereka adalah Andre Novent Chenady, Adinata Setiawan, Alvin Febrianto, Merlin Liyanti, dan Michelle Veronika Mutiara A. Kelimanya merupakan mahasiswa S1 Teknik Kimia ITS angkatan 2018. Tergabung dalam satu tim, mereka menggagas inovasi baru dalam peningkatan performa baterai Zinc-Carbon dengan menambahkan nikel melalui metode electrospray.

Menurut Andre Novent Chenady selaku ketua tim, electrospray adalah salah satu metode coating atau pelapisan yang bisa menghasilkan partikel berukuran nano. Dari sekian banyak metode coating, tim ini memilih metode electrospray. “Hal ini dikarenakan keuntungan metode electrospray yang bisa menambahkan lebih sedikit partikel nikel,” jelas Andre.

Selain itu, lanjut Andre, metode electrospray juga membuat luas permukaan nikel pada batang karbon baterai menjadi lebih luas, sehingga biaya yang dibutuhkan juga lebih hemat. Di samping itu, pelapisan dengan electrospray pun membuat nikel pada batang karbon baterai terlapis sempurna dengan porositas yang rendah.

Dipaparkan Andre, coating dengan metode electrospray dilakukan dengan menghubungkan batang karbon dan jarum metalik dari suntikan yang berisi larutan nikel dengan suplai energi listrik. Listrik tegangan tinggi dari suplai energi diatur agar partikel nikel membentuk Taylor cone. “Setelah kondisi yang diinginkan tercapai, partikel-partikel nikel akan terpancar dan menyelimuti batang karbon,” terangnya lebih lanjut.

Dikatakan Andre, pelapisan nikel pada baterai Zinc-Carbon dapat meningkatkan performa baterai hingga 130 persen. Dengan meningkatkan performanya, maka masa penggunaan baterai akan semakin panjang. Hal tersebut membuat masyarakat tidak perlu sering-sering mengganti baterai sehingga limbah baterai menjadi berkurang.

Inovasi ini dihasilkan melalui penemuan ide dan riset yang berlangsung selama satu bulan. Andre mengaku bahwa inovasi yang mereka gagas ini masih baru dan belum pernah ada sebelumnya. “Jadi, bisa dibilang kami yang mulai menggagas ide ini untuk kali pertama,” klaimnya.

Kerja keras tim yang dibimbing oleh Dr Kusdianto ST MScEng ini membuahkan hasil yang membanggakan. Ide yang mereka gagas ini berhasil meraih medali emas dalam ajang kompetisi internasional ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 sekaligus mendapatkan IYSA Special Award. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) pada 18 – 22 Februari 2021 lalu.

Setelah menjuarai kompetisi yang diikuti 505 tim dari 20 negara tersebut, salah satu tim ITS ini berharap idenya dapat diaplikasikan terutama untuk mengurangi limbah baterai komersial yang ada di Indonesia. “Semisal inovasi ini diaplikasikan, limbah baterai yang ada di Indonesia akan berkurang sebanyak 30 persen,” tutur mahasiswa asal Tanjung Pinang tersebut. (HUMAS ITS)

Reporter : ion4



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2021/03/10/inovasi-mahasiswa-its-untuk-kurangi-limbah-baterai-komersial/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Sosialisaikan Potensi Ekspor Jawa Timur kepada Mahasiswa ITS
25 Oktober 2019
Mahasiswa ITS Rancang Bendungan Tahan Gempa
29 Oktober 2019
Ciptakan Bata Tanah Padat Ramah Lingkungan, Raih Guru Besar di ITS
16 November 2019
Go-Tap, Maksimalkan Penggunaan e-KTP Serbaguna dalam Suatu Sistem
21 November 2019
Mahasiswa ITS Rumuskan Pengurangan Risiko Bencana pada Pembangunan Pabrik CS2
28 November 2019
Gagas Kotak Pendingin Ramah Lingkungan, Tim ITS Juara di Korea
11 Desember 2019

Komentar