Logo Eventkampus

Angkat Isu Intoleransi, Video Animasi Mahasiswa ITS Juarai CONVEY DAY 2021

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Angkat Isu Intoleransi, Video Animasi Mahasiswa ITS Juarai CONVEY DAY 2021

Ialah Naufal Afthony dan Arfita Vania Dewi, mahasiswa Desain Interior dan Departemen Desain Produk Industri ITS, dua kreator di balik video animasi ini. Berdurasi 4 menit 59 detik, video animasi ini dibuka dengan deskripsi bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan keberagamannya. Hanya saja, keberagaman ini sangat rentan menimbulkan konflik. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah isu intoleransi nasional yang menguap selama masa pandemi ini.

Ketua tim, Naufal Afthony mengungkapkan, video animasi ini bertujuan untuk mengedukasi tentang pentingnya toleransi antarsesama masyarakat. Meskipun virus Covid-19 telah menjebol imun bangsa ini, namun virus intoleransi seharusnya tidak menjangkit persatuan nasional juga. “Kita harus ingat bahwa persatuan merupakan salah satu nilai Pancasila yang kita junjung tinggi,” papar pria yang akrab disapa Naufal ini.

Oleh karenanya, melalui video animasi ini, Naufal juga ingin masyarakat memperhatikan kembali nilai Iman Imun dan Aman. Sebab, intoleransi tidak hanya sebatas isu sosial, namun erat kaitannya dengan kesehatan. Ia mencontohkan, meskipun aktivitas beribadah harus meningkat, sebaiknya di masa pandemi ini umat beragama beribadah di rumah masing-masing, atau setidaknya mematuhi protokol kesehatan. “Kelalaian penerapan protokol kesehatan juga bentuk intoleransi, sebab dapat membahayakan orang lain,” jelas mahasiswa kelahiran 1999 ini.

Melengkapi keterangan Naufal, Arfita Vania Dewi mengungkapkan bahwa untuk menghasilkan video ini, dilakukan beberapa riset. Salah satu yang utama bersumber dari buku-buku terbitan CONVEY Indonesia, sebuah gerakan kerja sama antara United Nations Development Program (UNDP) Indonesia, Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dan lembaga mitra lainnya dalam mengentaskan masalah intoleransi dan radikalisme di Indonesia. “Dari riset itu, kami pilih topik yang sekiranya bisa dijabarkan lebih luas, sehingga kami pilih isu intoleransi ini,” urai mahasiswi kelahiran Surabaya tersebut.

Berkat kreatifitas, motivasi dan ketekunan kedua kreator, video animasi ini berhasil merebut Juara 1 dalam Kompetisi Online Animasi yang merupakan bagian dari  acara tahunan CONVEY DAY 2021. Pemilihan topik yang tepat disertai pesan yang positif, mudah diaplikasikan serta paling dibutuhkan di masa pandemi ini, menjadi kekuatan utama video animasi ini.

Dengan adanya video ini, Vania berharap dapat memotivasi dan mengedukasi penontonnya untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar. “Banyak terjadi isu intoleransi dan tindakan yang memecah belah persatuan bangsa di sekitar kita. Jika bisa, berbuatlah sesuatu. Video ini merupakan penyikapan kami terhadap intoleransi di Indonesia” tutupnya.

Video animasi berjudul Membasmi Virus Intoleransi di Tengah Pandemi ini dapat diakses melalui IGTV dalam akun Instagram @vaniaarmand. (*)

Reporter: ion25

Redaktur : Akhmad Rizqi Shafrizal



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2021/03/25/angkat-isu-intoleransi-video-animasi-mahasiswa-its-juarai-convey-day-2021/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

ITS Raih Runner Up di Ajang Gemastik 2019
30 Oktober 2019
Kembangkan Beton Ramah Lingkungan untuk Struktur Pelabuhan
10 Februari 2020
Bahaya Diagnosis Diri Terhadap Kesehatan Mental
21 April 2020
Antusiasme Peserta UTBK di ITS Tak Surut Walau di Tengah Pandemi
07 Juli 2020
Kiat Mahasiswa ITS Taklukkan Smart Competition
12 Maret 2021
Pentingnya Edukasi Seksual, Mahasiswa ITS Kembangkan Game Inovatif
18 Maret 2021

Komentar