Logo Eventkampus

Berani Berdiplomasi, Mahasiswa ITS Raih Delegasi Berprestasi MUN

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Berani Berdiplomasi, Mahasiswa ITS Raih Delegasi Berprestasi MUN

Ethics MUN merupakan subperusahaan yang terdaftar di bawah Ethics for Education, di Inggris. MUN bertujuan untuk mempromosikan debat etis para pemikir global untuk mengembangkan solusi yang dapat diterapkan dalam memecahkan krisis dunia. Adapun tema yang diusung kali ini adalah Rebuilding New Aspiration Prepareness of the World for the New Phase.

Kean, sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa untuk mendapat gelar ini, ia harus bersaing dengan peserta dari beberapa negara seperti Malaysia, India, dan juga Selandia Baru. Dalam ajang yang digelar secara daring ini, setiap peserta dituntut untuk berperan sebagai delegasi suatu negara di konferensi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). “Saya sendiri mendapat tugas untuk menjadi delegasi dari China, khususnya untuk World Health Organization (WHO),” tambahnya.

Dalam mengangkat perannya sebagai delegasi WHO dari China, Kean membahas topik besar mengenai Perencanaan Pencegahan Masalah Etis dalam Vaksinasi Covid-19 yang merupakan isu kritis dunia global saat ini. Lebih dalam, ia mengusung terkait penyebaran vaksin yang tidak merata, hingga berita hoax tentang vaksin yang membuat masyarakat ragu.

Di hari pertama kompetisi, mahasiswa Departemen Sistem Informasi ITS angkatan 2019 ini berhasil membuat juri terpukau oleh penampilannya. Kemampuan berdiplomasinya yang mampu mengajak delegasi lain untuk turut mendukung pencegahan masalah etis vaksinasi Covid-19 adalah salah satu tekniknya. Selain itu, pembawaannya juga sangat khas yakni mampu menjiwai perannya sebagai delegasi dari China.

ITS MUN Club sebagai wadah bagi mahasiswa ITS yang mempunyai minat untuk mengikuti ajang simulasi sidang PBB ini nyatanya telah melatih dan menyiapkan delegasinya sejak dua minggu sebelum lomba. Kean dan delegasi ITS lainnya dengan didampingi mentor mempersiapkan berbagai kebutuhan mereka seperti riset dan solusi terhadap topik permasalahan yang akan dibahas. “Walaupun melelahkan, MUN tetap menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi saya,” ungkap mahasiswa asal Jakarta ini.

Mahasiswa yang juga menjabat sebagai staf di Click ITS ini menuturkan kesulitannya selama proses persiapan. Tuntutan untuk membawa solusi berbasis data dan risert serta kesibukan perkuliahan menjadi tantangan tersendiri baginya. “Saya dedikasikan waktu riset solusi sesuai topik sekitar dua hari untuk memaksimalkan semuanya, ” terangnya.

Sebagai mahasiswa yang haus pengalaman, Kean masih berniat untuk mengikuti ajang MUN internasional yang memiliki lingkup lebih besar. Rencana dekatnya, ia akan turut serta bersama tiga temannya sebagai International Delegates ITS untuk ajang MUN di Singapura, Juni nanti. “Saya masih berniat untuk mengurus ITS MUN Club saat ini dan mungkin nanti juga terjun di bidang film,” tutupnya. (HUMAS ITS)

Reporter: ion9



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2021/04/06/berani-berdiplomasi-mahasiswa-its-raih-delegasi-berprestasi-mun/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Kembangkan SEAFERS, Mahasiswa ITS Sabet Medali Emas
01 November 2019
Calon Gubes ITS Gagas Material untuk Energi dan Lingkungan
16 November 2019
BIMITS Bekali Mahasiswa Tentang Wawasan Artificial Intelligence
21 November 2019
ITS Siap Gencarkan Hilirisasi Produk Riset Inovasi
19 Desember 2019
Antisipasi DBD, Dosen ITS Ciptakan Aplikasi e-Jatim Sehat untuk Indonesia
16 Januari 2020
Mahasiswa, Ayo Cerdas Memilih Nutrisi
28 Januari 2020

Komentar