Logo Eventkampus

ADA MUSEUM DI TAWANGMANGU ?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
ADA MUSEUM DI TAWANGMANGU ?

Rumah atsiri Indonesia ini merupakan salah satu tempat yang lagi hype di kawasan anak muda. Bagi yang belum tau, rumah atsiri Indonesia ini terletak di Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Rumah atsiri ini sebenarnya sudah ada sejak 1963 sebagai pabrik citronella Indonesi-Bulgaria. Paulus Mintarga, owner dari rumah atsiri tawangmangu ini yang juga bergelut di bidang arsitektur mencoba menerapkan teknik konservasi bagi bangunan pabrik kuno tersebut hingga menjadi rumat atsiri yang sekarang. 

Rumah atsiri ini bisa dijangkau dari pusat kota Solo berjarak sekitar 40km atau kurang lebih 1 jam dan dari terminal tawangmangu berjarak sekitar 4 kilometer atau jika menggunakan kendaraan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 8 menit. Untuk jam bukanya sendiri, rumah atsiri Tawangmangu buka setiap hari dari pukul 10.00 – 17.00 dengan menerapkan voucher bagi para pengunjung. Para pengunjung bisa membeli voucher seharga Rp.50.000 untuk bisa menikmati beragam aktivitas di rumah atsiri tawangmangu. Misal untuk masuk museum, nilai voucher akan ditarik senilai Rp.35.000, sementara untuk tur Taman Aromatik sebesar Rp.25.000.

Dengan voucher Rp.50.000 kalian bisa berkeliling di Aromatic Garden/Taman Koleksi Rumah Atsiri Indonesia dengan arahan dari pemandu wisata selama 45 menit. Di Aromatic Garden ini terdapat lebih dari 80 jenis tanaman penghasil minyak atsiri dari Indonesia dan mancanegara. Selain Aromatic Garden di rumah atsiri juga terdapat museum yang memiliki museum yang berisi perjalanan dari pertama kali rumah atsiri ditemukan dan penyebarannya ke seluruh dunia. Di dalam museum ini juga ada beberapa kelas yang dapat kalian ikuti, salah satunya workshop yang bisa diikuti oleh anak-anak dan orang dewasa. Selain aromatic garden dan museum, di rumah atsiri sendiri juga terdapat restoran serta toko oleh-oleh. Makanan di restorannya sendiri juga ada beberapa yang merupakan racikan dari berbagai tanaman atsiri. Untuk yang suka dengan wewangian, tak ketinggalan kalian harus mampir di toko oleh-oleh yang berada di kawasan rumah atsiri tawangmangu. Produk yang dijual merupakan olahan dari minyak atsiri.

Bagi kalian yang lagi suntuk dirumah dan pengen wisata sekaligus belajar tentang hal yang baru, rumah atsiri tawangmangu merupakan tempat yang cocok untuk kalian kunjungi.

 

 

Photo by : Pinterest




Referensi :

https://travel.tribunnews.com/2021/08/27/lokasi-harga-tiket-masuk-dan-jam-operasional-rumah-atsiri-indonesia-terbaru-agustus-2021

https://travel.kompas.com/read/2019/08/05/071000427/rumah-atsiri-peninggalan-bung-karno-yang-tak-banyak-diketahui?page=all

https://www.brobali.com/2019/05/info-lengkap-rumah-atsiri-indonesia.html


Penulis

foto Wisata Indonesia
Wisata Indonesia

Komentar