Logo Eventkampus

5 Fakta Keyboard Yang Perlu Anda Ketahui

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
5 Fakta Keyboard Yang Perlu Anda Ketahui

Keyboard dapat diartikan sebagai salah satu perangkat input komputer dimana keyboard berisi susunan huruf, angka, dan fungsi kontrol yang lain. Meskipun bukan satu-satunya perangkat input pada komputer, peran keyboard sangatlah penting karena sebagian perintah yang berupa teks dan komando lain yang dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard.

Bentuk dan susunan keyboard pada komputer sebenarnya hampir sama dengan keyboard pada suatu mesin ketik, hanya saja ada beberapa fitur lain yang ditambahkan. Dengan kata lain, keyboard digunakan sebagai alat untuk menyampaikan data atau perintah dari seseorang ke dalam komputer yang selanjutnya data tersebut akan diubah menjadi bahasa pemrograman yang dimengerti oleh CPU dan kemudian akan diproses secara seksama.

Papan keyboard modern yang digunakan saat ini adalah hasil pengembangan keyboard yang dipatenkan oleh Christipher Scholes pada tahun 1868. Istilah keyboard saat ini juga tidak hanya mengacu pada papan ketik pada komputer, melainkan juga mengacu pada keyboard laptop dan handphone. Huruf yang tersusun pada setiap keyboard selalu sama yakni dalam susunan tombol Qwerty. Keyboard dengan konektor (port) PS/2 merupakan jenis keyboard yang ‘agak’ jadul di masa sekarang.

Dan kali ini saya akan mengulas tetang 5 Fakta Keyboard yang perlu anda ketahui ,mari kita simak :

1. Perintah dari Keyboard lebih cepat daripada Mouse

Perintah dari keyboard lebih cepat daripada mouse. Kok bisa? Karena sistem operasi tidak perlu mengolah informasi tambahan seperti pointer.Selain itu, jika inputan berasal dari keyboard sistem operasi akan mudah membuat antrian perintah. Berbeda jika menggunakan mouse yang justru membutuhkan tugas spesifik di layar agar pengguna bisa klik dan sistem operasi untuk mengolahnya.

2.Keyboard sering menjadi sasaran Hacker

Hacker sebenarnya bisa memantau aktifitas kita dari setiap tombol yang kita ketik di keyboard, cara ini biasanya berhubungan dengan software yang namanya keylogger.Jika komputer kalian terinfeksi oleh program keylogger, maka dapat merekam apa saja tombol yang digunakan oleh si pengguna dan banyak sekali data serta informasi rahasia yang dapat diambil seperti password dan PIN.

3. Keyboard 5 kali Lebih Jorok dari Toilet

Hal inilah yang membuat anda wajib membersihkan keyboard anda minimal seminggu / sebulan sekali. Biasanya pengguna mengabaikan kebersihan saat menggunakan keyboard, baik kebersihan tangan sebelum mengggunakannya ataupun kebersihan perangkat itu sendiri. Faktanya, setiap keyboard yang selesai digunakan akan meninggalkan kotoran dan debu yang menempel—jika diabaikan hal ini bisa menjadi sarang penyakit berbahaya. Karena jarang sekali orang memperhatikan kebersihan keyboard miliknya, apalagi jika keyboard tersebut digunakan oleh banyak orang.

4. Mengetik 10 Ribu Karakter, Jari bergerak menempuh 1.6 Km

Pasti anda tidak akan mengira bahwa setiap 10 ribu kata yang anda ketik pada keyboard QWERTY sama seperti jari-jari kita telah menempuh perjalanan hingga jarak 1 mil. Algoritma penghitungan yang digunakan untuk menentukan ini juga tidak sederhana karena jaraknya tergantung pada faktor variabel seperti gaya mengetik dan keterampilan seseorang. Jadi jaraknya bisa lebih dekat atau lebih jauh. Jika menggunakan keyboard Colemak dan Dvorak, maka jaraknya bisa jadi lebih pendek dengan jumlah kata yang diketik tetap sama.

Terlihat seperti asal-asalan, tetapi riset membuktikan kalau menggunakan keyboard QWERTY dan mengetik hingga 10000 karakter secara tidak langsung jari-jari kamu telah bergerak hampir 1.6 Kilometer.

5. Keyboard QWERTY, Paling Efisien

Perhatikan keyboard anda untuk mengenal apa itu keyboard QWERTY. Hampir sebagian besar orang menggunakan keyboard dengan susunan QWERTY karena terbilang efisien dalam menggerakan jari ketika dalam mengetik.

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
Ini Dia 5 Manfaat Yang Menakjubkan Mandi Sebelum Subuh
23 Januari 2018
Berikut Manfaat Air Putih Yang Sangat Mengejutkan..!
24 Januari 2018
Wajib Baca Artikel ini. Sabit di Kuku Jari Menandakan Kesehatan Anda
26 Januari 2018

Komentar