Logo Eventkampus

Manfaat Buah Zaitun

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Buah Zaitun

           Buah zaitun seringkali dimanfaatkan minyaknya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini telah di ungkapkan oleh rosululloh SAW, bahwa sangat dianjurkan menggunakan minyak buah zaitun dalam mengobati penyakit. Buah zaitun sangat berkhasiat dalam mengobati berbagai penyakit, karena buah ini merupakan buah yang diberkahi oleh Allah SWT. Hal ini tertulis di dalam al quran dalam surah (QS An-Nur : 35), (QS Al-An`am :99), QS An-Nahl: 11) dan juga (QS Al-Ahzab: 21).

           Buah zaitun yang telah matang mengandung minyak yang dapat dijadikan sebagai obat herbal yang sangat berkhasiat, minyak buah zaitun memiliki banyak khasiat dalam mengatasi berbagai penyakit, karena setelah di lakukan penelitian ternyata buah ini mengandung banyak nutrisi yang sangat berkhasiat seperti vitamin, zat besi, karbohidrat, serat, kalsium, magnesium, fosfor, beta-karoten, protein dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang lainnya. Maka tak heran jika buah ini sangat dianjurkan dalam islam untuk dijadikan sebagai obat herbal yang sangat ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit.

 

Kandungan nutrisi buah zaitun

            Buah zaitun mengandung 115-145 kalori per 100 gram, atau sekitar 59 kalori untuk 10 buah zaitun (dengan asumsi rata-rata berat buah zaitun 4 gram). Kandungan ini terdiri dari 75-80% air, 11-15% lemak, 4-6% karbohidrat dan sejumlah kecil protein.

      Lemak

              Buah zaitun merupakan buah yang memiliki kandungan lemak yang tinggi, sebesar 11 sampai 15 persen. Namun lemak yang ada di dalam buah ini adalah lemak baik. Asam lemak yang paling melimpah adalah asam oleat yang termasuk asam lemak tak jenuh tunggal,  dan merupakan 74 persen dari seluruh kandungan buah zaitun. Asam oleat dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti mengurangi pembengkakan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Bahkan dapat melawan kanker.

     Karbohidrat dan serat

              Buah zaitun memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, hanya sebanyak empat sampai enam persen. Sebagian besar karbohidrat ini terdiri dari serat. Ada sebanyak 52 sampai 86 persen serat yang dihasilkan dari total kandungan karbohidrat dalam buah zaitun.

 

Beberapa manfaaat Buah Zaitun:

  1. Buah zaitun memiliki khasiat dalam melembabkan kulit wajah, karena kandungan minyaknya mengandung zat linoleic acid.
  2. Buah zaitun juga sangat berkhasiat untuk menyuburkan rambut
  3. Kandungan vitamin C di dalam buah zaitun sangat epektif dalam mencegah jerawat dan menghilangkannya dalam waktu yang cukup cepat.
  4. Selain itu, kandungan antioksidan yang dimiliki buah zaitun sangatlah tinggi sehingga sangat ampuh dalam mencegah penyakit jantung.
  5. Kandungan antioksidan di dalam buah zaitun dapat menangkal serangan radikal bebas yang dapat memperlambat perkembangan sel kanker serta menghancurkannya, sehingga dengan mengkonsumsi buah zaitun secara teratur dapat mencegah resiko terkena kanker. Selain itu, kandungan asam oleat nya mampu mencegah penyebaran tumor.
  6. Tidak hanya itu saja, buah zaitun juga memiliki kandunganprostaglandin yang sangat berkhasiat dalam meredakan rasa nyeri pada sendi dan penyakit tulang lainnya seperti osteoporosis.
  7. Buah zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat berkhasiat untuk membantu dalam menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit diabetes. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah zaitun secara rutin setiap hari dipercaya dapat mencegah pikun. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam buah zaitun dapat mencegah kerusakan pada struktur sel dan membran dalam otak.
  8. Sedangkan kandungan zat besi yang terdapat di dalam buah zaitun, mampu mencegah anemia. Hal ini dikarenakan, kandungan zat besinya dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah yang segar.
  9. Buah zaitun mengandung serat alami yang cukup banyak, sehingga sangat berkhasiat untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit dan diare.
  10. Kandungan beta-karotennya sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata, sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin dan teratur dapat meningkatkan daya penglihatan.

TAHNKS...

Penulis

foto Agung Siswanto
Agung Siswanto
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar