Logo Eventkampus

LUNTURNYA BUDAYA DI INDONESIA

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
LUNTURNYA BUDAYA DI INDONESIA

LUNTURNYA BUDAYA DI INDONESIA

 

            Indonesia sangat kaya dengan aneka macam kebudayaan daerah dari sabang sampai merauke. Mulai dari bahasa, pakaian adatm budaya dan tradisi, tari-tarian, aneka seni rupa dan lain sebagainya. Semua itu terkombinasi menjadi bagian yang sangat unik dari kebudayaan nasional itu sendiri. seperti batik, budaya batik tidak juga identik dengan unsur jawa. Budaya batik adalah bagian dari kebudayaan daerah di masing-masing daerah. Batik ada di setiap provinsi di Indonesia, karena batik adalah bagian dari budaya daerah yang kemudian dapat merepresentasikan kebudayaan nasional Indonesia.

Namun di era sekarang ini nilai kebudayaan di dalam masyarakat telah mulai meluntur bahkan ada sebagian yang mulai menghilang. Salah satu penyebabnya adalah era globalisasi yang dapat menggeser nilai-nilai kebudayaan yang telah melekat di dalam masyarakat Indonesia. Banyak para remaja sekarang ini yang tidak suka dengan kebudayaan daerahnya sendiri, mereka lebih senang meniru budaya asing yang sangat bertentangan dengan budaya Indonesia.

            Penyebabnya karena kurangnya kesadaran masyarakat , kesadaran masyarakat kini terhadap budaya lokal terbilang turun karena mereka lebih memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai perkembangan zaman. Budaya asing yang mereka anggap lebih keren dan lebih praktis padahal banyak budaya indonesia yang lebih dari budaya asing tersebut

Dampaknya remaja indonesia mulai kehilangan jati dirinya sebagai rakyat indonesia yang memegang teguh budaya indonesia. Budaya baik mulai luntur seperti tarian tarian daerah, kesenian daerah, dan adat daerah, lain juga budaya budaya baik seperti budaya gotong royong, budaya tolong menolong, dan lainya. Disisi lain ada negara lain yang menklaim budaya indonesia adalah budaya dari negaranya, itu adalah kesalahan besar

          Sudah sepantasnya kita jaga dan kita lestarikan dengan baik dan seharusnya kita mulai bangga akan budaya kita sendiri, dan melestarikannya dengan sebaik dan sebisa mungkin. Juga sebagai remaja mungkin kita bisa mengemas budaya indonesia yang sebelumnya terlihat kuno dan biasa saja, dikemas menjadi lebih menarik. Entah dengan arasement atau tarian, sehingga budaya ini mempunyai nilai lebih dimata orang banyak agar lebih dilirik dan dicintai oleh rakyat indonesia ini.Mungkin tidak semua remaja indonesia tidak peduli dengan budayanya, masih banyak remaja diluar sana yang masih mencintai dan melestarikan budaya kita. Jadi kita sebagai remaja indonesia mari kita lestarikan budaya Indonesia !

Nah ayooo, kita sebagai remaja jangan mudah terprovokasi oleh budaya asing!! Terus lestarikan budaya budaya yang ada di indonesia.

 

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

Kedokteran gigi unsoed kembali membuat gebrakan di bidang seni
23 Desember 2017
cara menghentikan rasa pusing
13 Januari 2018
Terungkap, Inilah Jawaban Atas Misteri Segitiga Bermuda !
19 Januari 2018
Makanan Yang Bisa Membahayakan Jika Dimakan Berlebihan
27 Agustus 2018
Beregu putri Indonesia menang 2-1 dari China
29 Agustus 2018
Usaha Cowok Dalam Memahami Ceweknya. Karena Remeh, Seringnya Dianggap Angin Lalu Saja
30 Agustus 2018

Komentar