Logo Eventkampus

Manfaat olahraga

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat olahraga

                                                                                                         Manfaat olahraga

Baik kawan-kawan disini saya akan menyampaikan berbagai manfaat olahraga bagi tubuh kita.Dengan rutin berolahraga, banyak manfaat olahraga yang bisa langsung kita dapatkan. Selain itu, banyak juga manfaat olahraga yang bisa Anda dapatkan di kemudian hari dalam jangka panjang. Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga, misalnya berjalan, berlari, menari, berenang atau yoga, merangsang otot-otot dan berbagai bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Olahraga merupakan obat yang bisa anda dapatkan dengan mudah tanpa biaya mahal, namun sering kali terabaikan sehingga menimbulkan beragam keluhan kesehatan. Meski begitu, tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga. Berapa pun usia Anda, bukti ilmiah membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membuat Anda memiliki tubuh yang lebih sehat dan bahagia. Penelitian bahkan membuktikan bahwa gaya hidup yang tidak aktif lebih berbahaya bagi kesehatan daripada obesitas,oleh karena itu ayo kawan kawan kita budayakan olahraga karena bisa menyehatkan diri kita.

Beragam manfaat olahraga bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan beberapa contoh di bawah:

  • Mencegah penyakit jantung dan stroke
    Olahraga rutin setiap hari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, sebab olahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.
  • Mengendalikan diabetes
    Olahraga dapat membantu mengurangi lemak tubuh, sehingga dapat mencegah sekaligus mengendalikan diabetes
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
    Dengan berkurangnya lemak tubuh, terjadi juga penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi
  • Mencegah nyeri punggung
    Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu mencegah nyeri punggung.  
  • Menangkal obesitas
    Aktivitas fisik teratur mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesita sebagai pemicu berbagai penyakit.
  • Menunda keterbatasan fisik saat usia tua
    Olahraga, seperti berlari atau latihan aerobik lainnya, terbukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang lanjut usia.
  • Menekan risiko osteoporosis
    Olahraga dengan mengangkat beban secara teratur dapat membantu proses pembentukan tulang, sehingga mencegah berbagai gangguan pada tulang seiring pertambahan usia, seperti osteoporosis

Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat olahraga tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan fisik, namun juga untuk meningkatkan kualitas hidup. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Memperbaiki suasana hati
    Ketika Anda merasa stres, atau mengalami mood yang buruk setelah menjalani hari yang penuh tekanan, maka berjalan cepat selama 30 menit atau berlatih di pusat kebugaran dapat membantu memperbaiki suasana hati Anda. Olahraga dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai.
  • Menumbuhkan kepercayaan diri
    Olahraga yang dilakukan secara teratur juga dapat membuat Anda lebih percaya diri terhadap penampilan Anda.
  • Mengatasi stres
     Efek psikologis dari olahraga mengungkapkan bahwa aktivitas tersebut dapat mengurangi depresi dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres.
  • Membuat tidur lebih nyenyak
    Apakah Anda sulit tidur pada malam hari atau kerap terbangun di tengah malam? Olahraga teratur dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.
  • Menikmati waktu menyenangkan
    Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Juga dapat membantu mempererat hubungan dengan keluarga dan teman saat melakukannya bersama-sama.

 

Penulis

foto candraadipermana
candraadipermana

Artikel Terkait

Cara Aman Belanja Toko Online Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan
01 Agustus 2018
Cara Menjaga Persahabatan Agar Bisa Awet
02 Agustus 2018
Merasa lesu setelah makan siang? Coba lakukan ini!
03 Agustus 2018
Tanda Mantan Masih Sayang
09 Agustus 2018
Jangan Langsung Share! Ini 5 Cara Mengetahui Sebuah Berita Hoax
10 Agustus 2018
Akibat Terlalu Sering Menatap Layar HP
13 Agustus 2018

Komentar