Logo Eventkampus

 Pemanasan global yang sangat berdampak pada umat manusia...!!!

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
 Pemanasan global yang sangat berdampak pada umat manusia...!!!

                                                                           Pemanasan global yang sangat berdampak pada umat manusia...!!!

Pemanasan global adalah peristiwa naiknya suhu rata-rata permukaan bumi yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas rumah kaca pada atmosfer.

Selama satu abad terakhir, suhu rata-rata permukaan bumi telah menunjukkan peningkatan sebesar 0,6 derajat celsius. Meski dapat dibilang kecil, peningkatan suhu tersebut berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup dan kondisi alam di bumi.

Gejala pemanasan global atau global warming yang mulai kita rasakan saat ini di antaranya adalah pergantian musim yang semakin sulit diprediksi, es di kutub yang mulai mencair, serta bencana alam yang semakin sering menghampiri.

Penyebab Pemanasan Global

  • Penyebab Pemanasan GlobalAda beberapa faktor penyebab pemanasan global. Faktor-faktor  penyebab:

1.Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca merupakan salah satu penyumbang terbesar meningkatnya suhu udara di permukaan bumi.

Istilah efek rumah kaca merujuk pada proses pemantulan radiasi ke permukaan bumi karena terperangkap gas-gas atmosfer sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa.

Sebenarnya efek rumah kaca juga memiliki manfaat bagi keberlangsungan hidup makhluk di bumi, seperti berkurangnya perbedaan suhu pada siang hari dan malam hari……Tetapi jika berlebihan, efek rumah kaca justru akan mengakibatkan bencana bagi bumi karena dapat mempengaruhi iklim.

Salah satu gas yang membuat lapisan ozon semakin menipis adalah gas CO2 atau karbon dioksida.

2.Polusi Kendaraan

Sisa pembuangan gas pada kendaraan bermesin juga merupakan penyebab pemanasan global. Polusi dari kendaraan bermesin seperti motor dan mobil menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah berlebih.

Karbon dioksida memiliki sifat yang dapat mencegah penguraian panas sehingga panas tersebut tidak dapat diteruskan ke luar angkasa. Akibatnya, panas dari sisa pembuangan kendaraan tersebut mengumpul di atmosfer bumi.

3.Perusakan Hutan

Hutan dengan segala jenis pepohonan yang terdapat di dalamnya sangat berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen……Namun, yang terjadi saat ini, hutan semakin rusak akibat adanya penebangan ilegal demi kegiatan industri.

Akibat semakin menipisnya jumlah hutan hijau, karbon dioksida pun tidak dapat terserap dan justru akan semakin terkumpul di lapisan atmosfer yang menyebabkan pemanasan global.

4.Polusi Gas Metana

Gas metana berasal dari bahan-bahan organik yang tidak mendapat asupan oksigen yang memadai akibat hasil pemecahan bakteri pada aktivitas perkebunan, pertanian, dan peternakan, seperti yang terdapat pada usus hewan ternak.Semakin meningkatnya aktivitas peternakan dan pertanian, maka dapat dipastikan produksi gas metana pun akan terus meningkat.

5.Pemborosan Energi Listrik

Listrik yang kita gunakan setiap harinya merupakan hasil pembakaran minyak bumi dan batu bara. Hasil pembakaran tersebut adalah gas karbon dioksida yang merupakan penyebab pemanasan global.

  • Dampak dan Gejala Pemanasan Global

Dampak dan Gejala Pemanasan GlobalPemanasan global merupakan peristiwa yang memiliki dampak besar bagi keberlangsungan hidup makhluk yang tinggal di bumi. Dampak dari pemanasan global meliputi:

1.Meningkatnya Level Permukaan Laut

Peningkatan level permukaan laut disebabkan oleh mencairnya es di Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Para ahli memprediksi jika seluruh es di wilayah kutub mencair, maka permukaan laut dapat naik hingga tujuh meter, yang artinya dapat menenggelamkan pantai dan dataran rendah di seluruh dunia.

2.Es di Kutub Utara dan Kutub Selatan yang Semakin Mencair

Meningkatnya suhu udara di permukaan bumi tentunya berdampak langsung terhadap kondisi alam di Kutub Utara dan Selatan.

3.Es di wilayah tersebut terus mencair tiap tahunnya akibat pemanasan global.

Kondisi wilayah yang semakin buruk tersebut juga berpengaruh pada makhluk hidup yang tinggal di wilayah tersebut, contohnya beruang kutub.

4.Perubahan Iklim dan Cuaca Ekstrem

Dampak pemanasan global yang sudah kita rasakan saat ini adalah cuaca yang semakin ekstrem dan sulit diprediksi.

5.Pola curah hujan yang berubah pun berpengaruh terhadap kondisi cuaca di daerah tertentu.

Banjir bandang dapat terjadi di satu daerah, sedangkan di daerah lain kekeringan melanda. Kondisi tersebut tentunya berimbas pada munculnya beragam penyakit yang tak jarang menelan banyak korban jiwa.

6.Gelombang Panas yang Semakin Parah

Beberapa tahun terakhir, fenomena gelombang panas telah melanda beberapa negara, contohnya Pakistan, dan Australia. Gelombang panas tersebut menyebabkan suhu di wilayah tersebut meningkat drastis, bahkan mencapai 45 derajat celsius.Akibatnya, banyak makhluk hidup yang tidak dapat bertahan akibat serangan gelombang panas tersebut. Wilayah daratan lainnya pun semakin kering bahkan kebakaran hutan menjadi peristiwa yang tak dapat dielakkan lagi.

7.Krisis Air Bersih

  • Gletser yang semakin mencair pun mengancam ketersediaan air bersih di seluruh dunia.Dalam jangka panjang, fenomena tersebut bahkan dapat berimbas pada peningkatan level permukaan laut yang dapat menenggelamkan wilayah di sekitarnya.

Penulis

foto candraadipermana
candraadipermana

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
5 CARA MENCEGAH BULLYING
23 Januari 2018
Ingin Sukses UN ??? Simak Tips Artikel Berikut ini
24 Januari 2018
Edan! Peselancar AS Nekat Taklukkan Ombak Setinggi 30 Meter
25 Januari 2018

Komentar