Logo Eventkampus

Film Dokumenter yang Dijamin Membuatmu Semakin Pintar

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Film Dokumenter yang Dijamin Membuatmu Semakin Pintar

Film Dokumenter yang Dijamin Membuatmu Semakin Pintar

Film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan kenyataan, genre seperti ini sangat unik dan menarik untuk ditonton. Selain berfungsi sebagai hiburan, dokumenter juga penuh akan pengetahuan yang sangat bermanfaat.

BBC History of World War II - Hiroshima (2005)

Hiroshima merupakan film bergenre Dokudrama (Dokumenter Drama) yang dibuat pada tahun 2005 untuk memperingati 60 tahun tragedi dijatuhkannya bom atom di kota Hiroshima oleh tentara Amerika. 

Film ini menampilkan reka ulang tragedi Hiroshima dengan menggunakan catatan sejarah dari saksi mata kejadian yang masih hidup pada saat film ini dibuat.

Film tersebut memenangkan beagam penghargaan bergengsi diantaranya Emmy Award dan tiga BAFTA Award pada 2006.

BBC - Infested: Living with Parasites (2014)

Dr. Michael Mosley adalah dokter fenomenal yang mengabdikan dirinya pada ilmu pengetahuan. Salah satu percobaannya yang sangat kontroversi adalah dengan cara menjadikan tubuhnya sendiri sebagai laboratorium hidup tempat berkembang biak parasit ganas. 

Dalam film ini akan dibahas pengetahuan mengenai ilmu Parasitology yang dipandu langsung oleh Dr. Michael Mosley.

Cosmos: A Spacetime Odyssey (2014)

Cosmos: A Spacetime Odyssey adalah serial TV documenter asal Amerika  yang ditayangkan pada periode 9 Maret 2014 –8 Juni 2014. Film ini memberikan pengetahuan tentang luar angkasa dan alam semesta dengan cara yang begitu menarik.

Serial ini telah disiarkan ulang di seluruh dunia di sejumlah negara oleh stasiun lokal National Geographic dan Fox.

Oceans (2009)

Oceans adalah film dokumenter asal Perancis yg dibuat pada tahun 2009, film ini disutradarai, diproduseri dan di-naratori oleh Jacques Perrin. Film ini menggambarkan drama kehidupan bawah laut yg begitu indah dan meangagumkan. 

Pembuatan film ini memakan budget hingga $80 Juta, dan pengambilan gambar dilakukan di 50 tempat yang berbeda hingga memakan waktu pembuatan selama 4 tahun lamanya.

Home (2009)

Home adalah sebuah film dokumenter 2009  asal Perancis yang disutradarai oleh Yann Arthus-Bertrand. Film ini hampir seluruhnya di-shot dari udara yang mengambil lokasi di berbagai tempat di bumi. Film ini menunjukkan keragaman kehidupan di bumi dan bagaimana manusia mengancam keseimbangan ekologi planet ini.

Generation Iron (2013)

Film ini menceritakan kisah atlet binaraga profesional yang berlatih siang dan malam demi memenangkan kontes binaragawan international, Mr. Olympia 2012.

Generation Iron mendapat ulasan positif dalam penayangannya, terbukti dengan mendapatkan rating 86% pada Rotten Tomatoes.

The Look of Silence / Senyap (2014)

The Look of Silence atau Senyap adalah Film dokumenter kedua hasil karya sutradara Amerika, Joshua Oppenheimer dengan tema sentral pembantaian massal 1965 dan film ini merupakan sequel lanjutan dari film The Act of Killing (Jagal). 

Film Senyap pertama diputar di Indonesia pada 10 Desember 2014 secara serentak di berbagai kota, sebagai bagian dari peringatan Hari HAM Sedunia.

Seperti film pendahulunya, Jagal, film Senyap juga masuk nominasi Oscar untuk kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik. Film Senyap adalah film Indonesia pertama yang masuk dalam nominasi Oscar. 

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar