Logo Eventkampus

Generasi Milenial dan Tantangannya

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Generasi Milenial dan Tantangannya

Generasi Milenial dan Tantangannya

Banyak yang mengatakan generasi milenial termasuk dalam generasi yang istimewa. Mengapa dikatakan istimewa karena generasi ini lahir pada masa perkembangan teknologi yang semakin maju. Namun generasi ini juga mempunyai banyak tantangan, banyaknya arus informasi yang masuk tanpa dapat dibendung membuat generasi ini harus pintar-pintar memilih informasi mana saja yang akan diambil untuk sesuatu hal yang bermanfaat.

Generasi milenial sendiri dibagi menjadi generasi milenial senior yaitu untuk generasi yang lahir pada tahun 1982-1989 dan milenial junior yang lahir pada tahun 1990-2000an. Generasi ini memiliki ciri khas yang sepatutnya menjadi hal yang lumrah dan dimaklumi oleh generasi yang lahir pada angkatan sebelumnya.

Generasi ini melek akan teknologi, karena sejak lahir pun mereka sudah dikenalkan dengan kemajuan teknologi di sekitarnya. Teknologi sendiri harus digunakan dengan sebaik-baiknya dan yang pastinya jangan membuat hidup seseorang menjadi malas bergerak. Teknologi membuat praktis dan mudah itu benar tetapi bukan membuat menjadi malas.

Siapa yang di era sekarang tidak mempunyai media sosial? Bisa dipastikan generasi milenial memiliki media sosial entah itu; facebook, instagram, twitter, youtube ataupun path. Banyak informasi atau apa pun juga yang diambil dari media sosial. Bijaklah dalam menggunakan media sosial, gunakan untuk menambah wawasan atau hal yang baik lainnya.

Milenial hidup di jaman yang serba cashless. Hidup di era modern membuat banyak transaksi yang menggunakan kartu seperti kartu kredit, debit, ataupun dapat menggunakan e-money saat membayar tiket masuk tol ataupun saat membeli tiket kereta. Namun walaupun tidak selalu membutuhkan uang cash ketika berbelanja, bijaklah dalam membelanjakan uang.

Generasi Milenial mempunyai tantangan dalam persaingan pendidikan dan pekerjaan yang lebih kompetitif. Oleh sebab itu generasi ini diharapkan dapat mempersiapkan skill dan kemampuan baik prestasi akademis ataupun non akademis.

Selain itu Milenial juga terkenal dengan gaya hidup yang hedonis. Banyak terpengaruh dari media sosial yang mempengaruhi pada gaya hidup para milenial. Gaya hidup yang sering di posting di media sosial membuat generasi milenial menjadi lebih suka memamerkan materi. Mulai sekarang kurangi gaya hidup yang mulai boros ya.

Jangan heran apabila melihat generasi ini tidak dapat hidup tanpa gadget. Bagaikan sesuatu hal yang paling tidak bisa dilepaskan dan dipisahkan dalam hidup milenial. Kemana pun dan kapan pun tidak boleh lupa membawa gadget. Walaupun tidak selalu negatif karena banyak hal-hal positif yang dapat kita manfaatkan dari gadget. Jangan lupakan untuk bersosialisasi bukan hanya dengan gadget saja.

Hal yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan oleh generasi milenial adalah makin menurunnya nilai sosial yang makin bergeser. Akibat masuknya pengaruh budaya Barat baik dari tayangan tv, dvd ataupun dari film-film banyak mempengaruhi pada nilai-nilai sosial yang seharusnya kita junjung tinggi seperti kesopanan dalam berperilaku ataupun dalam hal berpakaian.

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
5 CARA MENCEGAH BULLYING
23 Januari 2018
Ingin Sukses UN ??? Simak Tips Artikel Berikut ini
24 Januari 2018
Edan! Peselancar AS Nekat Taklukkan Ombak Setinggi 30 Meter
25 Januari 2018

Komentar