Logo Eventkampus

Nelen Permen Karet Bisa Nempel di Usus, Hoax?

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Nelen Permen Karet Bisa Nempel di Usus, Hoax?

Saat masih kecil kamu mungkin sering diultimatum harus hati-hati sekali saat makan permen karet. Sebisa mungkin kamu nggak boleh menelan permen karet karena khawatir permen tersebut bakal menempel bertahun-tahun di dalam usus. Mitosnya sih begitu, padahal tidak sepenuhnya benar.

Kenyatannya, permen karet tetap bisa dicerna perut seperti makanan lain. Sistem pencernaan di dalam tubuh dapat memindahkan permen karet melalui kinerja usus dan akan terbuang lewat feses saat anak buang air besar. Meski begitu, menelan permen karet tetap berbahaya, terutama saat permen karetnya berukuran besar dan kamu terlalu sering menelannya.

Ada bahan pembuatan permen karet yang memang nggak bisa terserap oleh pencernaan. Tapi bukan berarti menempel sampai bertahun-tahun, hanya butuh waktu yang lebih lama lagi untuk mencernanya

 “Sistem pencernaan kita sangat kuat. Jika mereka bisa mencerna steak, maka sistem ini juga bisa mencerna permen karet,” – ujar spesialis gastroenterologi, Dr Lisa Ganjhu, DO, seorang lektor kepala medis di NYU Langone Medical Center di New York City.

Dilansir dari Daily Mail, permen karet memang nggak terbuat dari pemanis, pewarna buatan, dan perasa seperti permen lainnya. Hanya saja, bahan dasar karet yang terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier, dan wax ini bikin perut kamu memaksa untuk bisa mencernanya. Nah setelah proses yang sedikit memaksa itu, permen karet bakal ‘keluar’ bersama sisa-sisa pencernaan lain lewat kotoran.

Sesekali tertelan sih nggak masalah. Yang cukup berbahaya yaitu kalau sering menelan permen karet banyak, apalagi kalau dilakukan sama anak-anak

Salah satu hal berbahaya jika permen karet yang dimakan tertelan dan dilakukan sama anak-anak, maka anak tersebut akan berisiko batuk-batuk. Untuk itu, sebisa mungkin jangan sampai kamu atau orang-orang sekitarmu sampai menelan permen karet ya. Toh, permen karet kalau terlalu lama dikunyah juga lambat laun rasaya hambar, nggak enak juga untuk ditelan.

Selama masih bisa dihindari, lebih baik jangan menelan permen karet guys. Nikmati aja sensasi mengunyah permen karet yang sebenarnya punya banyak manfaat positif terhadap tubuh. Kalau pun tidak sengaja tertelan, sebisa mungkin muntahkan kembali atau minum banyak air mineral agar pencernaannya lancar.

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar