JURUS ANDALAN THE POWER OF KEPEPET, NGERJAIN TUGAS DENGAN SKS. TIPS INI BISA DILAKUKAN

access_time | label Tips & Trik
JURUS ANDALAN THE POWER OF KEPEPET, NGERJAIN TUGAS DENGAN SKS. TIPS INI BISA DILAKUKAN

Lumrah bukan bagi mahasiswa kalau selalu didatengi tugas lagi dan lagi padahal tugas yang lain belum kelar, belum lagi deadline masing-masing tugas yang semakin menekan. Saat yang bersamaan kegiatan organisasi padat merayap dan teman-temanmu ngajakin hangout. Menghadapi kondisi semacam itu tugas kuliah tentu harus diprioritaskan lah, karena tanggungjawab mahasiswa kan buat kuliah, beajar dan ngerjain tugas. Yang lain pun tetap jadi prioritas hanya saja harus ada prioritas di atas prioritas (artinya kamu bisa seimbangkan hidup kamu, dan kamu bisa ambil tanggungjawab atas pilihanmu menjadi mahasiswa yang bukan sekedar jadi mahasiswa kupu-kupu). Ada kalanya jurus the power of kepepet alias sistem kebut semalam ngerjain tugas menjadi andalan, biarpun SKS dengan tips ini hasil tugasmu tetap bisa maksimal dan dapat dipertanggungjawabkan:

1. stikan Kondisi Badanmu Fit

Ngerjain tugas waktu kepala pening/ flu/ demam misalnya, pasti hasilnya bakal tidak maksimal, kerja otak dalam berfikir jadi kurang encer. Bisa jadi akan ada ha-hal yang terlewatkan atau kamu menjadi kurang teliti. Menjaga kondisi badan agar selalu dalam kondisi prima wajib hukumnya, yap gimana tidak? Kalau kita lagi tidak sehat apa-apa jadi tidak enak mau gapa-ngapain juga tidak bisa. Meski kita tidak bisa prediksi kapan sakit akan datang tapi dengan berhati-hati dan menjaga pola hidup, sakit jadi tidak mudah datang kan? Saat kamu sudah merasa ada tanda-tanda kamu akan sakit dan kamu punya beberapa tugas yang harus diekerjakan, mending segera kerjakan tidak perlu nunggu nanti-nanti atau nunggu deadline agar hasil yang dikerjakan tetap maksmial.

 

2. Fokus dan Konsentrasi Tinggi

Waktu yang kamu punya tak banyak jadi tingkat konsentrasi kamu harus benar-benar maksimal, fokus pada apa yang kamu kerjakan dengan semua bahan materi yang kamu punya. Hindari camilan dan menggunakan HP, bukannya selesai cepat justru waktumu akan tersita untuk berkali-kali liat timeline medsos, berbalas chating dengan teman atau malah terlalu menikmati camilan yang kamu punya. Disebutkan dalam beberapa sumber jika otak manusia hanya benar-benar berkonsentrasi selama 30-60 menit termasuk beberapa menit di dalamnya. Jadi kamu harus maksimalkan saat dimana kamu bisa benar-benar fokus kemudian istirahatlah beberapa menit untuk minum atau sekedar menghela nafas, ulangi lagi untuk fokus dan istirahat beberapa menit jika lelah, begitu terus hingga selesai. Perlu untuk memaksa diri agar bisa fokus pada apa yang kamu kerjakan.

3. Siapkan Bahan dan Materi Sejak Jauh-Jauh Hari

Kalaupun kamu mampu mengerjakan dengan baik tugasmu dalam satu malam, namun tetap harus perhatikan daftar pustaka serta kutipan yang kamu ambil. Kamu tentu tidak ingin kan kalau julukan plagiator atau tukang copas menempel pada dirimu, selain itu menyusun tugas berupa karya ilmiah tanpa sumber yang jelas juga akan berpengaruh pada hasil karyamu. Menyelesaikan tugas dalam semalam tentu bisa saja kamu lakukan tapi rasanya mustahil memperoleh hasil maksimal dan dapat dipertanggungjawabkan jika dalam waktu sesingkat itu masih harus mencari sumber kemudian megerjakannya.

 

4. Atur dan Pilih Tempat Yang Nyaman

Pilih tempat nyaman yang bisa dukung konsentrasi kamu, nyaman dengan versi kamu sendiri. Bisa di tempat yang tiak bisa kamu gunakan mengerjakan tugas seperti taman, santai sambil ngopi, atau kalau kamu ngerasa kamar kamu adalah tempat paling nyaman buat kamu ngerjain apapun, thats ok. Pilih tempat nyaman sebagaimana kamu sendiri yang rasakan, atur juga tempatnya agar tidak berantakan sehingga saat kamu butuh alat tulis atau buku kamu bisa cepat menemukannya tanpa harus membuang-buang waktu kamu buat nyari. Selain tempat pastikan kamu dalam posisi yang nyaman.

 

5. Hindari Mengerjakan Tugas Bersama dengan Teman

Mengerjakan tugas dengan teman kadang bisa membantu, tapi dalam waktu yang singkat dan butuh konsentrasi tinggi ini tidak dianjurkan. Saat bersama teman akan ada kecenderungan kalau kamu bakal sering diskusi, ngobrol atau berdebat yang justru akan menyita waktumu sehingga tidak mendukung untuk mengerjakan tugas dalam waktu semalam.

Penulis

foto agil t mulyani
agil t mulyani
IAIN Salatiga

Share

Komentar