Logo Eventkampus

Ini Dia ! Berhati-hatilah Terpapar Sinar Matahari Di Siang Hari !

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Ini Dia ! Berhati-hatilah Terpapar Sinar Matahari Di Siang Hari !

Sinar matahari adalah salah satu benda langit terbesar yang dapat dilihat dari bumi ketika bersinar. Matahari ini merupakan pusat tata surya yang berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia di bumi. Hampir dari segala macam makhluk hidup dibumi membutuhkan sinar matahari dalam proses pertumbuhannya. Terlepas dari manfaat yang bersumber dari sinar matahari, terdapat juga bahaya yang mengancam kesehatan manusia dalam pencahayaan tertentu. Sinar matahari yang terpapar langsung pada kulit manusia dapat berpotensi mendatangkan penyakit berbahaya.

 Berikut beberapa bahaya sinar matahari langsung :

1. Menyebabkan Kulit Lebih Cepat Berkerut

Kulit akan mengalami proses penuaan yang lebih cepat jika terpapar sinar matahari secara langsung. Dengan kata lain, berkerutnya kulit ini merupakan salah satu tanda penuaan yang patut diwaspadai. Fase awal terbentuknya kerutan pada kulit ditandai dengan kulit yang semakin kasar dan kehilangan kelembaban alaminya. Kedua gejala ini merupakan faktor yang mempercepat kulit berkerut akibat rusaknya fungsi kolagen yang berada didalam lapisan jaringan kulit.

2. Menyebabkan Kulit Kasar

Jika kolagen yang terdapat didalam lapisan kulit rusak akibat paparan sinar matahari secara langsung maka kulit tentunya akan menjadi kasar bahkan bersisik. Cara yang tepat supaya tidak terkena dampak negatif dari bahaya sinar matahari di siang hari bagi kulit yakni, selalu mengoleskan krim tabir surya atau sun block ketika keluar ruangan secara berkala.

3. Penyebab Munculnya Komedo pada Wajah

Komedo termasuk ke dalam jenis penyakit kulit yang membuat kehalusan dan kemulusan kulit wajah menjadi berkurang. Hal ini disebabkan noda hitam berbintik yang muncul disekitar daerah T. Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit ini berpotensi menghilangkan kadar normal dari Ph kulit yang semestinya. Pada wajah yang mempunyai tone warna kulit putih dan cerah, komedo ini akan terlihat sangat mencolok.

4. Membuat Kulit Terbakar

Sinar matahari dapat tembus ke bumi meskipun bumi berada pada cuaca berawan. Jadi kulit lebih berpotensi terbakar jika berada dibawah paparan sinar matahari secara langsung meskipun cuaca saat itu berada pada keadaan berawan. Bahkan radiasi dari paparan sinar matahari pada musim panas dapat menembus kaca dan membakar kulit.

Penggunaan tabir surya atau sunblock sangat dianjurkan bagi kita yang mempunyai aktivitas dibawah sinar matahari maupun didalam ruangan yang dapat ditembus oleh sinar matahari. Kondisi ini sama seperti ketika anda terkena bahaya obat nyamuk bakar dan semprot.

5. Meningkatkan Resiko Kerusakan Kulit

Kerusakan kulit ditandai dengan berubahnya pigmen kulit yakni menjadi kemerahan bahkan berwarna coklat terbakar. Radiasi UVA dan UVB yang mengenai kulit sangat berpotensi memicu reaksi inflamasi yang mengancam kesehatan tubuh manusia. Dampak lain dari kerusakan kulit ini yakni degenerasi jaringan ikat pada kulit yang berujung pada gejala penuaan dini . Berikut resiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari secara langsung :

  • Degenerasi Jaringan Ikat pada Kulit Normal
  • Fotokarsinogenesis
  • Imunosupresi
  • Fotoaging

Penulis

foto Nugroho budi santoso
Nugroho budi santoso
SMK N 02 KARANGANYAR
bekerjalah tanpa suara biarkan kesuksesanmu yang bersuara nyaring.

Artikel Terkait

GANGSTARASTA Anniversary 16 th
21 Desember 2017
fakta sunmi
12 Januari 2018
APA ITU KAFEIN? EFEKNYA BAGI KESEHATAN?
19 Januari 2018
TIPS MENJADIKAN DIRI REMAJA BERPRESTASI
19 Januari 2018
5 Misteri Unik Gunung Jayawijaya
22 Januari 2018
Fakta unik Jeruk Nipis untuk Wajah kalian!
22 Januari 2018

Komentar