Logo Eventkampus

Tips menghemat penggunaan air bersih di rumah

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips menghemat penggunaan air bersih di rumah

Ketersediaan air bersih memang sering menjadi kekhawatiran tersendiri, seiring dengan pasokannya yang kian terbatas. Demi menjaga kelestarian alam dan keberlangsungan hidup generasi muda, sangat perlu menerapkan penghematan air bersih. Beberapa langkah sederhana ini dapat menjadi aksi nyata yang menghemat air bersih di rumah, apa saja?

Jangan Biarkan Air Bak Mandi Terbuang Percuma

Jangan mengisi bak mandi saat melakukan aktivitas yang menyita perhatian lainnya. Dikhawatirkan, pekerjaan tersebut akan membuat fokus terbagi dan lupa sedang membuka keran air di kamar mandi. Apalagi kalau sampai lupa dalam jangka waktu lama. Bayangkan, berapa volume air bersih yang terbuang percuma ke selokan?

Mandi dengan Shower

Fakta membuktikan bahwa mandi dengan shower lebih hemat air bersih hingga 65% dibandingkan menggunakan gayung atau berendam. Hal ini bisa menjadi pertimbangan tersendiri untuk mulai memasang shower di kamar mandi dan mengganti kebiasaan mandi dengan gayung demi menghemat air.

Sambungan Penghemat Air

Pasanglah alat penghemat air pada ujung keran wastafel atau kamar mandi. Meskipun terlihat sepele, tapi sambungan ini mampu menghemat air bersih hingga 50%. Sudah punya di rumah?

Hemat Air dengan Mesin Cuci

Ada trik khusus yang dapat membuat kegiatan mencuci lebih hemat air. Pertama, gunakan mesin cuci untuk mencuci banyak pakaian kotor sekaligus. Selain itu, pilih siklus cuci tersingkat dan gunakan fitur ramah lingkungan jika ada. Pilih juga deterjen yang tepat, yaitu yang mampu membersihkan pakaian dalam sekali bilas.

Air Bekas Cuci Pakaian Jangan Dibuang

Kenapa? Karena air tersebut masih cukup bersih dan bisa dimanfaatkan untuk membersihkan benda-benda lain, seperti kaca jendela. Gunakan juga air bekas cucian sayuran untuk menyiram tanaman, sementara tetesan kondensasi AC bisa dipakai untuk mengisi setrika uap.

Saat Terbaik Menyiram Tanaman

Untuk yang gemar berkebun, siramlah tanaman saat pagi atau sore hari. Tujuannya agar lebih banyak air yang terserap ke tanah. Menyiram di siang hari justru membuat air cepat menguap.

Segera Perbaiki Pipa Rusak

Jangan tunda untuk memperbaiki pipa air yang rusak. Meskipun terlihat hanya bocor sedikit, tapi jika ditampung, kira-kira bisa membuang percuma air bersih hingga 13 liter per harinya. Sayang banget, kan?

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat Ala Mahasiswa
19 Juni 2017
Ingin Hidup Sehat dan Tak Gampang Sakit ? Coba, Terapkan dan Jagalah 6 Pola Hidup Sehat Ini.
10 Juli 2017
Bingung Saat Waktu Luang ? Coba,  Lakukan 5 Hal Ini Untuk Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Kesehatan 
11 Juli 2017
Mulut Anda Bau? Berikut Cara Mengatasi Secara Alami
19 Maret 2018
Trik Makan Hemat Ketika Bokek
29 Maret 2018
Jogging, Olahraga Ringan Bantu Kamu Meredakan Stres Sepulang Kerja
31 Juli 2018

Komentar