Logo Eventkampus

Menjaga Jantung Sehat Sejak Dini

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Menjaga Jantung Sehat Sejak Dini

Menjaga jantung sehat sejak dini itu perlu dan bahkan harus, walaupun penyakit jantung dan pembuluh darah sangat jarang ditemukan pada usia anak-anak dan remaja, namun hal ini tetap harus menjadi perhatian, karena faktor resiko dan kebiasaan yang mempercepat timbulnya panyakit jantung dan pembuluh darah dimulai dari masa kanak-kanak.

Penyakit jantung dan pembuluh darah itu dimulai dengan proses atherosklerotik, yaitu penumpukan materi lemak di dalam pembuluh darah. Penumpukan plak ini akan memperlambat aliran darah, khususnya aliran darah yang mengalir ke jatung, yang akan menyebabkan nyeri dada, serangan jantung, bahkan stroke. Untuk itu sangat penting menjaga jantung tetap sehat sejak dini.

Proses atherosklerotik ini dimulai dari usia muda, dengan memperhatikan faktor resiko yang ada, dan akan berlanjut menjadi sebuah penumpukan plak di pembuluh darah pada dekade kehidupan ketiga dan keempat.

Umumnya, anak-anak membutuhkan makanan dan minuman dengan kadar butrisi yang baik dan berimbang untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Pola diet jantung yang sehat direkomendasikan untuk anak lebih dari 2 tahun, secara umum ditekankan pada buah-buahan dan sayur-sayuran, gandum, makanan rendah lemak, kacang-kacangan, ikan dan daging dengan kadar lemak rendah.

Pola diet ini memberikan kepada kita suatu referensi informasi tentang komposisi diet, intake kalori yang tepat pada beragam usia, makronutrien, mikronutrien, porsi ukuran, dan pemilihan makanan.

Adapun tips untuk menjaga kesehatan jantung adalah:

  • tidak merokok (hindari terkena asap rokok atau jadi perokok pasif).
  • Mempertahankan berat badan dalam batas normal.
  • Rutin dalam aktifitas fisik secara teratur.
  • Makan makanan yang sehat.
  • Mengatur tekanan darah (yang normal).
  • Mengurangi kolesterol. 
  • Menjaga gula darah dalam batas normal.

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar