Logo Eventkampus

5 Fakta Mengejutkan Tentang Perang Dunia I yang Tidak Kamu Ketahui

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
5 Fakta Mengejutkan Tentang Perang Dunia I yang Tidak Kamu Ketahui

5 Fakta Mengejutkan Tentang Perang Dunia I yang Tidak Kamu Ketahui

Sudah lebih dari 100 tahun Perang Dunia I terjadi mulai 1914 hingga 1918 karena adanya asasinasi Archduke Franz Ferdinand dari Austria-Hungaria oleh Serbia. Dalam konflik ini, Jerman, Austria-Hungaria, Bulgaria, dan Kekaisaran Ottoman bertempur melawan Perancis, Inggris, Italia, Jepang, Rusia dan Amerika Serikat.

Dengan adanya teknologi militer baru dan kekejaman perang parit, Perang Dunia I merupakan perang yang besar yang belum pernah terjadi sebelumnya—maka itu, Perang Dunia I disebut “Great War” atau “Perang Besar” yang menyebabkan kematian 16 juta jiwa yang ikut bertempur memperjuangkan wilayah dan militerisme setelah Allied Powers memenangkan perang. Masih banyak lagi fakta mengenai Perang Dunia I yang mengejutkan yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Berikut adalah 5 fakta yang tidak kamu ketahui tentang Perang Dunia I.

  • 1. Nama World War didapat dari Koran AS tahun 1917

Tentu saja, tidak ada yang tahu bahwa Perang Dunia II akan terjadi pada saat itu, maka pada saat itu disebut Great War atau Perang Besar. Nama Perang Dunia dipakai setelah surat kabar Amerika diterbitkan ketika AS terlibat tahun 1917. Selain itu, nama Perang Dunia dinamakan “European War” dan “The Great War for Civilization.”

  • 2. Kata-kata Asal Jerman Dilarang Untuk Dipakai

Kata – kata asal Jerman dari nama anjing hingga makanan diganti ketika AS terlibat dalam perang dunia pada 7 April, 1917. Padahal, sebelum deklarasi perang, bahasa Jerman adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan di AS setelah bahasa Inggris. Kebijakan ini diterapkan pada kurikul sekolah, perpustakaan umum yang memiliki buku – buku berbasis bahasa Jerman. Seperti contohnya, nama ras anjing “dachshund” diganti menjadi “badger dog”.

  • 3. Sistem Aliansi Tidak Menyebabkan Perang

Jerman bersekutu dengan Austria, Hungaria dan Italia, Rusia bersekutu dengan Perancis, dan kedua negara memiliki suatu perjanjian diplomatik dengan Inggris. Sistem ini memang membuat adanya ketegangan menjelang Perang Dunia terjadi, namun, tak satu pun dari aliansi ini benar-benar menghasilkan deklarasi perang.

Pada tahun 1914, Wilhelm dari Jerman memberi dukungan kepada Austria-Hungaria untuk tindakan apapun terhadap Serbia, hingga Perancis terlibat karena deklarasi tersebut. Inggris menyatakan perang karena pelabuhan Belgia yang dekat dengan pantai Inggris higga Inggris pun merasa terancam, dan Italia awalnya tidak terlibat dalam perang, lalu kembali melawan sekutunya, Austria-Hungaria pada tahun 1915.

  • 4. Tiga Kerajaan Pusat Perang Dunia Merupakan Keturunan King George II

Kaisar Wilhelm II dari Jerman, Tsar Nicholas II dari Rusia, dan King George V dari Inggris pada saat itu merupakan saudara sepupu keturunan King George II dari Inggris. Pada saat perang dideklarasikan tangal 28 Juli 1914, Nicholas II mengirim telegram yang informal kepada Wilhelm untuk menghentikan perang, keakraban tersebut dibuktikan dari panggilan Willy dan Nicky. Namun, pada saat itu Wilhelm sudah tidak ada kekuatan untuk menghentikan perang, karena pembunuhan Archduke Franz Ferdinand disebabkan oleh jenderal – jenderal militer, politikus yang mementingkan sikap nasionalis.

  • 5. Tentara Inggris Termuda Berumur 12 tahun

Sidney Lewis, tentara Inggris termuda yang berumur 12 tahun berbohong mengenai umurnya saat terdaftar di Resimen East Surrey. Dia merupakan salah satu dari banyak tentara bawah umur lainnya yang ingin berkontribusi dalam sikap patriotisme. Sidney Lewis bertempur di Pertempuran Somme pada tahun 1916. Klaimnya tidak diautentikasi hingga tahun 2013 lalu.

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

Suka Tari Tradisional atau Fotografi? Tunjukan Bakat mu di ” We Culture Festival 2018 “
05 Desember 2017
manfaat terong ungu
12 Januari 2018
Wanna One Tak Sabar Bertemu Penggemar di Indonesia
19 Januari 2018
Alucard : Si Pembunuh darah dingin !
19 Januari 2018
5 Ide Bisnis Sederhana Menghasilkan Uang Jajan Tambahan
22 Januari 2018
Ini Dia ! Orang dengan Nama Terpanjang Didunia
22 Januari 2018

Komentar