Logo Eventkampus

6 Gejala Awal Insomnia yang Harus Diwaspadai

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
6 Gejala Awal Insomnia yang Harus Diwaspadai

6 Gejala Awal Insomnia yang Harus Diwaspadai

 

Kamu mengalami masalah sulit tidur di malam hari? Biasanya hal seperti langsung dikaitkan dengan insomnia atau gangguan tidur. Tapi sebenarnya kamu paham nggak sih apa arti dari insomnia?

Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup sekitar 7-8 jam sehari padahal kamu memiliki kesempatan. Hal seperti ini lah yang bisa dikategorikan sebagai insomnia. Masih ada beberapa tanda-tanda insomnia yang harus kamu ketahui. Yuk kita bahas satu-satu!

 

  • Masih merasa lelah walaupun tidur 8 jam

Kalau kamu sudah tidur 8 jam tapi masih merasa lelah? Ini salah satu tanda kalau kamu terkena insomnia. Hal seperti ini tidak normal karena seharusnya selama tidur kamu dalam keadaan rileks dan istirahat total.

 

  • Mendengkur

Punya kebiasaan mendengkur ketika tidur atau malah kamu tidak sadar saat mendengkur? Kondisi ini juga bisa diidentifikasikan sebagai gejala dari insomnia. Mendengkur membuat nafas terhambat dan membuatmu sering terbangun. Hal inilah yang membuatmu tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

 

  • Selalu merasa tidur kurang dan ingin tidur siang

Tidur malam yang tidak nyenyak akan membuatmu merasa lelah dan mudah mengantuk. Otomatis hal ini menyebabkan kamu sering merasa kurang tidur dan ingin tidur di siang hari. Kalau sering mengalami hal ini mungkin Anda juga terkena gejala insomnia.

 

  • Sering merasa tidak bisa tidur

Kalau kamu merasakan hal ini setiap malam, sudah dapat dipastikan kalau kamu terkena insomnia. Walaupun sudah rebahan di kasur dan mematikan lampu kamu masih merasa kantuk tak kunjung datang? Hal ini sebenarnya harus menjadi kekhawatiranmu jika gejala ini sudah lama terjadi segera berkonsultasi dengan dokter.

 

  • Depresi

Mungkin kamu sedang banyak pikiran dan menyebabkan kamu susah tidur di malam hari? Biasanya depresi atau stress adalah penyebab insomnia yang paling umum terjadi. Selain sulit tidur, kamu juga bisa saja mendapatkan tidur yang tidak berkualitas karena gelisah.

 

  • Terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur kembali

Ada beberapa orang yang mempunyai kebiasaan terbangun di malam hari untuk pergi ke toilet atau minum. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah asalkan kamu bisa segera tidur kembali. Kalau kamu terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur lagi ini salah satu tanda kamu terkena insomnia.

Enam gejala yang biasa terjadi ini mungkin dianggap biasa saja oleh banyak orang. Padahal kalau keenam hal ini terus menerus terjadi kondisi kesehatanmu bisa terganggu. Jadi langsung konsultasi ke dokter ya kalau menemukan 6 gejala ini.

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

Manfaat Pernikahan
16 Agustus 2018
Awas, Makan Larut Malam Bisa Tingkatkan Kanker!
21 Agustus 2018
Kata Bahasa Indonesia yang Susah Diartikan ke Bahasa Inggris
24 Agustus 2018
Dampak Negatif yang Mungkin Dialami oleh Kaum Millenials
28 Agustus 2018
Pipiet Menang dan Rebut Emas ke-28 Indonesia di Asian Games
31 Agustus 2018

Komentar