Logo Eventkampus

Buah dan sayur ternyata memiliki bentuk dan manfaat seperti organ tubuh manusia Lohh!!

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Buah dan sayur ternyata memiliki bentuk dan manfaat seperti organ tubuh manusia Lohh!!

1. Wortel dan Mata

Kalau kamu memotong wortel secara melintang dan melihatnya secara horisontal, kamu akan melihat betapa miripnya wortel dan mata, bahkan ada pola yang menyerupai pupil dan iris. Faktanya memakan wortel akan menyehatkan mata.

“Wortel mengandung vitamin dan mineral seperti beta-karoten yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan untuk mengurangi kesempatan degenerasi makula, penyebab utama kebutaan pada orang tua,” kata Sasson Moulavi, MD, direktur medis Smart for Life Weight Management Centers di Boca Raton, Florida


2. Buah kenari dan otak

Lipatan dan keriput pada kenari mengingatkan pada salah satu bentuk organ manusia, yaitu otak. Jika dilihat dari samping, bentuk kenari bahkan mendekati bentuk otak, tampak seperti memiliki belahan kiri dan kanan, sama halnya otak manusia. 

"Tingginya kandungan asam omega-3 pada kenari, membantu mendukung fungsi otak," ujar Lisa Avellino, ahli diet.

3. Seledri dan tulang

Batang seledri yang panjang dan ramping memang mirip bentuk tulang manusia. Tentu saja, seledri memang baik untuk tulang.

“Seledri mengandung banyak silikon, yang merupakan bagian dari struktur molekul pemberi kekuatan pada tulang,” kata Dr. Moulavi. Bahkan menurut Lisa Avellion, pakar diet dari Focus28 Diet, tulang dan seledri sama-sama mengandung 23% sodium. 

4. Alpukat dan rahim wanita

Bentuknya yang mirip bola lampu sama dengan bentuk rahim. Faktanya, alpukat memang kaya akan asam folat sehingga bisa mendukung kesehatan reproduksi wanita. 

"Alpukat merupakan sumber terbaik asam folat. Folat bisa mengurangi risiko displasia serviks, yang merupakan kondisi pra-kanker," kata Elizabeth Somer, ahli diet dan penulis "Eat Your Way to Happiness. Lihatlah betapa miripnya alpukat dengan uterus.

5. Kerang dan testikel

Kalau kamu pernah melihat atau makan remis pasti tahu deh sama bentuknya. Penelitian menunjukkan, remis atau yang dikenal dengan kerang, mempunyai kemiripan dengan testikel (buah pelir), dan ini bagus untuk organ seksual pria. 

”Penelitian dari Belanda menyarankan melengkapi diet dengan asam folat dan zinc, yang dapat memberikan dampak signifikan dalam mengembangkan kualitas semen pada pria. Kerang kaya akan dua zat tersebut,” beber Dr. Moulavi. Hmmm mungkin itulah sebabnya, bentuk remis mirip dengan testikel.

6. Jamur dan telinga

Jika jamur dipotong bentuknya menyerupai telinga, karena jamur mungkin memang dimaksudkan sebagai makanan untuk telinga. Faktanya jamur kaya dengan vitamin D yang penting untuk mencegah kehilangan pendengaran. Seperti kita ketahui vitamin D sangat krusial untuk kesehatan tulang, termasuk tulang kecil di telinga yang berfungsi mengirimkan suara ke otak. 

7. Jahe dan lambung

Siapa pun yang sudah pernah mencoba untuk minum segelas jahe hangat ketika sakit perut pasti tahu efek antimual dari jahe. Ajaibnya, jahe memang terlihat mirip lambung.
 
Menurut Dr. Moulavi gingerol, bahan yang bertanggung jawab atas bau dan rasa yang kuat pada jahe, terdaftar pada database USDA (Departemen Pertanian AS) sebagai fitokimia yang memiliki kemampuan menghentikan mual dan muntah.

8. Tomat dan jantung

Potong melintang sebuah tomat, dan kamu akan menyadari bahwa buah berwarna merah ini memiliki beberapa ruang yang mirip dengan struktur jantung. Somer, pakar diet mengatakan, tomat yang mengandung likopen sangat penting untuk kesehatan jantung baik pada pria maupun wanita. 

Campurkan tomat dengan minyak zaitun dan alpukat, maka tubuh akan lebih mudah menyerap likopen sampai sepuluh kali lipat.

9. Anggur dan alveoli

Anggur sangat menyerupai alveoli pada paru-paru. Alveoli adalah organ yang menerima oksigen ketika kita bernapas dan meneruskannya ke aliran darah. Penelitian menyebutkan anggur mengandung proanthocyanidin yang bisa mencegah terjadinya kanker paru-paru! Bahkan, kulit anggur juga bisa mencegah asma dan gangguan paru-paru kronis.

10. Ubi jalar dan pankreas

Bentuk ubi jalar memiliki kemiripan kuat dengan pankreas, yang juga menyehatkan organ tersebut. Yang jelas, ubi jalar mengandung beta-karotin tinggi, antioksidan potensial yang melindungi seluruh jaringan tubuh termasuk pankreas dari kerusakan akibat kanker atau penuaan. Jadi, pankreas terlihat seperti ubi jalar, atau sebaliknya?











Penulis

foto Alamsyah
Alamsyah
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar