Logo Eventkampus

Ibu Kota Indonesia Mau Dipindah ke Kalimantan? | Berikut ini beberapa Negara yang Maju Setelah Pisahkan Ibu Kota Dari Pusat Bisnis

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Ibu Kota Indonesia Mau Dipindah ke Kalimantan? | Berikut ini beberapa Negara yang Maju Setelah Pisahkan Ibu Kota Dari Pusat Bisnis

Indonesia,Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau  Jokowi. dilansir dari Merdeka.com saat ini DKI Jakarta menjadi ibu kota Indonesia sekaligus pusat pemerintahan/keuangan. Tapi dalam waktu dekat ini ibu kota akan dipindah ke luar jawa, yaitu ke suatu wilayah di Kalimantan. Pemindahan ibu kota ini sudah muncul sejak pemerintahan Presiden RI ke-1 yaitu Ir.Soekarno.

Seperti kata presiden kita saat ini, “Ya kan memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke kalimantan. Nah, Kalimantannya yang Kalimantan mana belum. Nanti kita sampaikan Agustuslah, Kata Presiden Jokowi

Terpisahnya pusat pemerintahan dan pusat keuangan juga dikelola oleh beberapa negara lain. sebelum kabar mengenai pemindahan Ibu Kota Indonesia kembali mencuat, beberapa negara justru telah melakukannya terlebih dahulu. Berikut ini negara-negara yang telah berhasil mangatur ibu kota dengan pusat pemerintahan yang telah dikutip dari beragam sumber:

 

Amerika Serikat

Negeri Paman Sam ini mengubah pusat kota dengan pusat pemerintahan. AS pernah dipindahkan ibu kota dari New York ke Washington DC. Kini Washington DC dikenal sebagai ibu kota negara sementara ibu kota pusat pemerintahan. Sementara pusat ekonomi bisnis terletak di Kota New York. (sebelumnya New York pada tahun 1785 hingga 1790).

 Di Washington DC memiliki perencanaan kota yang matang dan terencana, dengan memperhatikan betul semangat kebangsaan dan kemerdekaan dari penjajahan dan perbudakan.

 

Australia

Melbourne dahulu adalah ibu kota sekaligus pusat keuangan Australia. Namun kondisinya semakin semrawut, akhirnya Australia memidahkan ibukotanya dari Melbourne ke Canberra. Dengan begitu, pusat ibu kota terpisah dengan pusat ekonomi.

Dan kini Melbourne menjadi pusat bisnis dan ekonomi. Sejak saat itu Australia menjadi kota paling nyaman untuk ditinggali.

 

Malaysia

Malaysia salah satu Negara tetangga, Dahulu Kuala Lumpur merupakan pusat ibu kota sekaligus pusat keuangan. Dikarenakan dengan kondisi yang tak terkendali maka Malaysia pindahkan ibu kota ke Putrajaya. Kini Putrajaya menjadi pusat pemerintahan dan Kuala Lumpur menjadi pusat pemerintahan dan bisnis.

Pada Tahun 2013 lalu, Menteri Keuangan Malaysia II Ahmad Husni Handzalah, pertumbuhan ekonomi Malaysia berkembang secara signifikan.

 

Turki

Cara Turki mengatasi kondisi negaranya, Negara tersebut memindahkan ibu kota dari Istanbul ke Ankara. Tahun 1922, dimana Republik Turki berdiri. Dan sebelumnya Istanbul merupakan pusat keuangan sekaligus pusat pemerintahan.

Kota Istanbul memang dikenal sebagai Ankara, dikarenakan Istanbul merupakan kota terpadat di Turki yang menjadi salah satu pusat ekonomi, budaya, sejarah negara tersebut.

 

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar