Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti:PTN Badan Hukum Dituntut Hasilkan Inovasi untuk Masyarakat

access_time | label Berita
Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti:PTN Badan Hukum Dituntut Hasilkan Inovasi untuk Masyarakat

Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI melakukan sosialisasi Program Hibah Penelitian di Bale Rucita, Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran kampus Jatinangor, Selasa (9/05).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si., memaparkan sejumlah program hibah penelitian yang dikelolanya, termasuk proses yang harus dijalankan. Program yang dipaparkan diantaranya yaitu mengenai inovasi perguruan tinggi untuk industri.

Dr. Jumain pun menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi janganlah semata untuk pembelajaran, tetapi juga untuk menghasilkan inovasi. Apalagi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum dituntut menghasilkan berbagai inovasi untuk kepentingan masyarakat dan perkembangan perguruan tinggi itu sendiri. Ia juga mendorong Unpad untuk terus melakukan berbagai produk inovasi.

“Kita sama-sama akan lihat, apa saja yang bisa kita lakukan,” ujar Dr. Jumain.

Dr. Jumain mengungkapkan, untuk memanfaatkan anggaran inovasi yang ada, maka pihaknya akan melakukan seleksi yang dilihat dari berbagai aspek, termasuk sosial ekonomi, Sejumlah perguruan tinggi pun ia terus dorong untuk melakukan inovasi, terutama dikaitkan dengan potensi daerahnya masing-masing.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah peneliti di lingkungan Unpad. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan sosialisasi dan mediasi mengenai program-program inovasi industri oleh Kepala Subdirektorat Industri Bahan Baku dan Material Maju, Dr. Hanief Arief. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt.

 

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Sumber : www.unpad.ac.id

Penulis

foto Admin
Admin
EventKampus

Share

Komentar