Logo Eventkampus

Manfaat Air Mawar Untuk Wajah

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Air Mawar Untuk Wajah

   Ada beragam manfaat air mawar untuk wajah, mulai dari melembapkan kulit,  hingga meredakan iritasi. Air mawar adalah air yang dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar. Air ini banyak digunakan untuk merawat kecantikan kulit, khususnya kulit wajah.

  Air mawar telah digunakan secara tradisional sejak ribuan tahun lalu di Iran untuk bahan baku produk kecantikan, wewangian, serta bahan makanan dan minuman. Tak hanya itu, air mawar juga diduga dapat memberikan efek relaksasi karena aromanya yang menyegarkan.

   Berdasarkan hasil dari beberapa riset kesehatan, air mawar mengandung senyawa phenolic, yaitu bahan aktif yang bersifat antioksidan. Air mawar juga diketahui memiliki efek antibakteri, antiseptik, dan antivirus, serta mampu mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

   Kandungan bahan tersebut menjadikan air mawar memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Jika dioleskan pada wajah, air mawar memiliki beberapa khasiat sebagai berikut:

1. Melembapkan kulit wajah

Salah satu khasiat air mawar untuk wajah adalah melembapkan kulit. Air mawar mengandung pelembap alami serta antioksidan yang dapat mencegah kulit kering.

Agar kulit tidak kering dan kusam serta senantiasa terlihat segar, air mawar bisa digunakan sebagai toner atau pembersih wajahalami. Anda juga bisa menyemprotkan air mawar ke bagian kulit tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki.

2. Meredakan peradangan pada kulit

Ekstrak mawar mengandung polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Kandungan pada air mawar ini diketahui dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga diduga dapat meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan kapas yang sudah dibahasi air mawar pada area kulit yang bermasalah.

3. Mengurangi jerawat

Kebanyakan produk kecantikan kulit memiliki pH tinggi (basa) yang dapat menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, psoriasis, atau keriput. Nah, air mawar memiliki pH yang sedikit asam, sehingga mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Air mawar juga mengandung antiseptik dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk merasakan manfaat tersebut, gunakan air mawar sebagai toner pada pagi dan malam hari, terutama setelah wajah dibersihkan. Caranya, basahi kapas dengan air mawar lalu usapkan ke seluruh bagian wajah.

4. Mengatasi mata lelah

Air mawar juga dapat membantu mengatasi sejumlah keluhan pada mata, dan salah satunya adalah mata lelah. Anda hanya perlu mengompres mata dengan kapas yang sudah dibasahi air mawar, lalu diamkan selama sekitar 20 menit.

Agar hasilnya maksimal, air mawar harus digunakan secara rutin. Untuk memperoleh air mawar, Anda bisa membelinya di toko kecantikan atau membelinya secara online. Jika kesulitan mencari produk air mawar, Anda dapat membeli toner air mawar di sejumlah outlet kecantikan.

Umumnya air mawar aman digunakan pada kulit wajah. Namun jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau alergi terhadap kandungan dalam air mawar, sebaiknya hindari penggunaannya atau berkonsultasilah dahulu dengan dokter sebelum menggunakan air mawar untuk wajah.

Pastikan juga untuk menggunakan produk air mawar sesuai petunjuk yang terdapat pada label kemasan produk. Jika muncul keluhan di kulit setelah menggunakan air mawar, hentikan penggunaan dan konsultasikan ke dokter.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Manfaat Memakai Masker Putih Telur
05 Juli 2018
Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
10 Juli 2018
Mahasiswa IPB kembangkan inovasi masker dari alam
12 Juli 2018
Miliki Kulit Sehat dengan Konsumsi Vitamin C dan E
13 Juli 2018
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit
05 September 2019
6 Manfaat Sabun Sereh Untuk Kesehatan Kulit Dan Wajah
11 Februari 2020

Komentar