Logo Eventkampus

Tim KKN-UGM Beri Penguatan Desa Tangguh Bencana di Lombok Utara

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Tim KKN-UGM Beri Penguatan Desa Tangguh Bencana di Lombok Utara

UGM kembali menerjunkan tim KKN-PPM di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, tepatnya yang berada di Kecamatan Tanjung. Tim yang terdiri dari 30 mahasiswa ini telah memulai masa pengabdiannya tersebut sejak 21 Desember 2019 lalu. Mereka terdiri dari beberapa klaster, seperti medika, saintek, soshum, serta agro.

Program yang mereka kerjakan selama di lokasi juga didasarkan atas pembagian klaster tersebut. Meskipun demikian, program tersebut tetap didasarkan atas tema besar yang mereka usung, yakni “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Penguatan Desa Tangguh Bencana, dan Peta Risiko Bencana dalam rangka Rehabilitasi terhadap Masyarakat yang terdampak bencana  di Desa Kecamatan Tanjung”.

Dwi Umi Siswanti, S.Si., M.Sc., Dosen Pembimbing Lapangan dari tim ini, menyatakan bahwa tema ini melanjutkan dari tim yang sebelumnya pernah dikirim ke Lombok Utara pasca gempa tahun 2018 lalu.

“Untuk KKN-PPM periode 2 tahun 2020 nanti juga rencananya akan dikirim tim lagi di lokasi ini dengan tema senada. Namun, titik fokusnya bukan lagi pada penanganan pasca gempa melainkan pada ekowisata,” paparnya.

Program utama yang digarap oleh tim ini adalah penyuluhan dan pendampingan masyarakat dalam rangka tangguh bencana, penyuluhan kesehatan anak dan ibu, upaya penurunan angka stunting anak, pemberdayaan UMKM, optimalisasi ekowisata sebagai penyokong ekonomi warga, serta pemetaan wilayah. Semua program tersebut kini sedang dalam pelaksanaan. Rencananya program tersebut akan berakhir sesuai dengan waktu penarikan tim yakni pada 8 Februari 2020 mendatang. (Humas UGM/Hakam)



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/18934-tim-kkn-ugm-beri-penguatan-desa-tangguh-bencana-di-lombok-utara

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Mahasiswa UGM Kembangkan Teknologi Pemantauan Ketinggian Air Real Time
13 November 2019
Anak Muda Milenial Bicara Soal Kebangsaan
17 Desember 2019
UGM dan PWI DIY Gelar Mancing Bersama
23 Desember 2019
14 Riset Inovatif UGM Dapatkan Pendanaan dari LPDP
08 Januari 2020
DERU UGM-Kagama Care Peduli Bencana Banten
20 Januari 2020
Fakultas Biologi Jalin Kerja Sama Pemanfaatan Teknologi Budi Daya Ikan Wader
04 Februari 2020

Komentar