Logo Eventkampus

Kelapa Wulung Berkhasiat untuk Kesehatan, Begini Cara Membedakannya

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Kelapa Wulung Berkhasiat untuk Kesehatan, Begini Cara Membedakannya

Kelapa wulung dikenal sebagai salah satu jenis kelapa yang cukup unik. Kelapa yang memiliki serat berwarna merah muda atau pink pada bagian kulitnya ini juga dipercaya memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan, kelapa ini kerap dikaitkan dengan hal mistis.

Kandungan yang ada dalam kelapa wulung ini, di antaranya memiliki glukosa, protein, karbohidrat, serat, sakrosa, asam amino, tanin serta fruktosa. Bedanya dengan kelapa ijo dan kelapa muda biasa, jenis kelapa ini memiliki kandungan tanin yang lebih banyak.

Berdasarkan catatan ilmiah, ada 3 jenis kelapa berdasarkan warnanya, yakni kelapa merah atau cocos nucifera rubescens, kelapa hijau atau cocos nucifera veridis serta kelapa kuning atau cocos nucifera eburens. Sedangkan kelapa wulung ini disebut kelapa merah.

Kelapa ijo asli ini atau Nyuh Mulung dalam bahasa Bali-nya, disebut kelapa merah meski pada kulit luarnya bermacam-macam, ada yang berwarna coklat, orange, maupun berwarna hijau campur coklat. Jadi, kelapa jenis ini cukup variatif, dan untuk melihatnya harus dibelah terlebih dahulu bagian ujungnya.

Sementara cara mengkonsumsinya juga berbeda-beda, ada yang langsung diminum murni, ada yang direbus kelapanya lalu diminum air kelapanya, dan ada juga yang dibakar kelapanya dan dicampurkan dengan bahan-bahan obat tradisional, seperti jahe dan lainnya.

Kelapa Wulung Untuk Kesehatan

Seperti kelapa pada umumnya, kelapa jenis ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, seperti:

- Penawar racun dalam tubuh

Dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya, tanin yang melimpah pada kelapa ini mampu menjadi penawar racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga, ketika seseorang menglami keracunan makanan maupun obat, maka bisa diatasi dengan meminum kelapa ini.

- Penurun kolesterol

Serat dan protein yang banyak dalam kelapa ini mampu membakar lemak jahat di dalam tubuh. Sehingga sangat wajar bila kelapa wulung ini menjadi obat alternatif penurun kolesterol.

- Pencegah penuaan dini

Kandungan nutrisi yang ada di dalam kelapa ini mampu meregenerasi sel-sel dalam tubuh lebih cepat. Sehingga, kulit yang keriput pada wajah dapat berkurang. Dengan mengkonsumsi ini, menjadi alternatif untuk tetap menjaga wajah tetap awet muda. Kandungan gula dan nutrisi dalam kelapa ini juga membantu mengencangkan kulit. Apalagi asam amino di dalamnya membuat wajah semakin cerah.

- Penyeimbang pH dalam tubuh

Kelapa wulung ini dipercaya menjadi penyeimbang pH dalam tubuh, sehingga mampu mencegah seseorang yang meminumnya mengalami dehidrasi. Selain itu, keseimbangan pH dalam tubuh bisa membuat tubuh lebih kuat dalam menghadapi serangan virus.

- Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, meminum air kelapa wulung ini sangat dianjurkan. Kemampuannya membakar lemak jahat di dalam tubuh, dan bisa dijadikan menu harian lantaran tidak menggunakan gula tambahan sangat cocok bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan.

- Bermanfaat sebagai Diuretik

Diketahui, diuretik adalah obat yang mampu membuang kelebihan garam serta air dari tubuh lewat urine. Kelapa ini bisa menjadi alternatif sebagai asupan elektrolit essensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini juga sangat baik untuk menenangkan usus, serta membersihkan ginjal dan melancarkan urine.

Soal harga, biasanya kelapa wulung ini dibanderol lebih mahal dari kelapa ijo biasa. Di pasaran, terutama di Kota Banjar, harganya cukup variatif tergantung besar dan kecilnya kelapa, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Sementara kelapa ijo biasa dihargai Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Komentar