Logo Eventkampus

Manfaat Tebu Hitam

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Tebu Hitam

Siapa yang tidak kenal dengan tebu, tumbuhan yang batangnya dapat digigit dan rasanya manis. Sebagian dari kita pasti pernah merasakan masa kecil dengan mengunyah-ngunyah batang tebu sambil menghisap rasa manisnya. Gula pasir yang rasanya manis yang ada di rumah-rumah kita merupakan hasil pengolahan dari batang tebu. 


Tebu hitam merupakan jenis yang langka dan cukup sulit ditemukan. Padahal selain rasanya yang manis tumbuhan ini kaya manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bagian yang biasa digunakan sebagai obat adalah bagian batang, akar, dan bunganya. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi tebu hitam:


1. Mengatasi berbagai penyakit pernapasan

Radang paru-paru, TBC, kanker paru-paru, dan asma merupakan contoh-contoh penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Dengan menggunakan ramuan alami seperti tebu hitam dapat membantu mengatasi berbagai penyakit ini dengan cara yang lebih alami dan tentu saja bebas efek samping. Dengan catatan dikonsumsi secara benar dan sesuai takaran.


2. Mengatasi penyakit jantung

Jantung merupakan organ vital yang berperan sangat penting dalam menjalankan fungsi tubuh sehingga jika jantung sudah mengidap penyakit maka tubuh akan mengalami berbagai gangguan. Disamping obat-obatan dokter kita juga dapat memanfaatkan tebu hitam sebagai obat herbal dalam mengatasi penyakit jantung. Caranya dengan merebus 3 kapalan akar tebu hitam yang sebelumnya sudah dicuci bersih dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih dan tunggu hingga tersisa air setengahnya. Kemudian saring dan dan dapat langsung diminum. Untuk hasil optimal minumlah ramuan ini 2 kali sehari.


3. Mengatasi demam

Selain menggunakan manfaat angkak dan manfaat parasetamol kita juga dapat memanfaatkan tebu hitam sebagai obat penurun panas agar suhu tubuh normal kembali. Caranya sangat mudah yaitu dengan meminum air perasan tebu 2 kali sehari hingga suhu tubuh turun.


4. Mengatasi batuk

Selain dapat mengatasi batuk minimum ini juga sangat enak yaitu air perasan tebu hitam. Dengan meminum air perasan tebu secara rutin dan teratur maka batuk yang menggangu tenggorokan akan segera hilang. Atau bisa juga dengan menggunakan cara kedua. Yaitu dengan membakar atau memanaskan bagian tebu hitam yang sudah tua (yang berada di dekat akar) ke dalam abu hangat/panas selama lebih kurang 10-15 menit dalam kondisi kulit masih utuh. Usahakan jangan sampai hangus. Setelah itu tebu dikupas dan dikonsumsi seperti biasa. Lakukan secara rutin dan teratur hingga batuk anda sembuh.


5. Mengatasi masuk angin

Masuk angin merupakan penyakit yang dikenal secara umum di masyarakat namun belum diakui di dunia kedokteran. Mengonsumsi daun tebu hitam juga dipercaya dapat mengatasi masuk angin. Caranya dengan meminum air rebusan 3 lembar daun tebu hitam secara rutin 3 kali sehari.


6. Mengatasi mimisan

Meskipun bukan kondisi berbahaya namun mimisan atau pendarahan yang terjadi di hidung tetap harus diwaspada. Untuk mengatasi mimisan secara alami kita dapat mengonsumsi ramuan tebu hitam. Caranya dengan merebus bagian pucuk tebu hitam yang telah dipotong kecil-kecil ke dalam air hingga mendidih. Tambahkan sedikit gula jawa dan garam. Saring dan setelah dingin ramuan ini dapat langsung dikonsumsi untuk mengatasi mimisan.


Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Tips menjadi tubuh ideal dan sehat
04 Januari 2018
Bermain ponsel terlalu lama bisa menyebabkan cepat tua
17 Juli 2018
Manfaat Ubi Jalar yang Jarang Diketahui
08 Januari 2020
Manfaat Daun Mint
23 Januari 2020
Khasiat tumbuhan putri malu
29 Januari 2020
Apakah Wanita bisa Hamil ketika Berenang dengan Pria
25 Februari 2020

Komentar