Logo Eventkampus

Praktis Dan Efektif Ini Manfaat Jika Rutin Plank

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Praktis Dan Efektif Ini Manfaat Jika Rutin Plank

Plank adalah salah satu olahraga yang mengharuskan seseorang menempatkan kedua sisi tangannya, termasuk siku, di permukaan lantai atau tanah, kemudian meletakkan bagian tubuh lainnya seperti ingin push-up.  Yang sangat efektif menguatkan otot inti tubuh dan membentuk perut sixpack. Sebenarnya, masih ada banyak lagi manfaat plank lainnya untuk kebugaran tubuh. Namun sayang, cukup banyak orang yang tidak kuat berlama-lama menahan posisi plank. Lantas apa saja manfaat olahraga plank itu?

1.     Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Otot-otot tubuh haruslah lentur agar kamu bisa bebas bergerak seluwes mungkin tanpa merasa cepat lelah. Seremeh apa pun gerakan yang kamu buat, misalnya membungkuk untuk mengikat tali sepatu akan sangat menguras tenaga apabila otot inti tubuh kamu lemah atau tidak fleksibel. Hal ini pun nantinya akan memperbesar risiko cedera saat beraktivitas, kram kaki atau sakit punggung misalnya.

2.     Memperbaiki Postur Tubuh

Jika punggung terasa pegal karena pekerjaan mengharuskan duduk seharian di depan laptop, manfaat olahraga plank bisa menyembuhkannya. Manfaat olahraga plank bisa memperkuat punggung, dada, bahu, leher hingga perut. Latihan plank dengan baik bisa memperkuat bahu dan pinggang bawah. Kedua komponen ini sangat dibutuhkan untuk membentuk postur tubuh yang ideal.

3.     Memperkuat Otot Perut

Melakukan plank memang tidak bisa memberikan hasil berupa perut six pack. Namun, jika latihan tersebut disertai diet yang sehat, cardio rutin, hingga olahraga angkat berat, jangan kaget kalau nanti badan kamu terlihat menakjubkan di depan cermin.

4.     Membuat Tubuh Lebih Fleksibel

Manfaat olahraga plank lainnya ialah membuat tubuh lebih fleksibel, dengan cara meregangkan bagian bawah tubuh. Melakukan gerakan plank bisa meningkatkan postur paha belakang serta lengkungan kaki. Jika kamu ingin membuat tubuh lebih renggang dan fleksibel, plank dengan gaya menyamping, bisa dilakukan.

Rutin melakukan plank akan membangun otot inti yang lebih stabil dan kuat, tapi tetap fleksibel. Itulah beberapa manfaat dari plank yang bisa kalian coba ya. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Makanan Yang Harus Di Hindari Sebelum Berolahraga
28 Januari 2020
9 Manfaat Berolahraga Bersama Teman
31 Januari 2020
Awet Muda Sampai Sehat Untuk Kesehatan, Ini Manfaat Jogging Secara Teratur
18 Februari 2020

Komentar