Logo Eventkampus

Anda Hobi Bermain Catur!? Inilah Manfaat Bermain Catur

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Anda Hobi Bermain Catur!? Inilah Manfaat Bermain Catur

Bermain catur memang menyenangkan untuk mengisi waktu luang Bersama teman maupun keluarga, bahkan bisa membuat kita lupa waktu. Permainan catur sering diperlombakan oleh masyarakat untuk menguji seberapa bagus taktik yang dimiliki untuk memenangkan pertandingannya. Tidak hanya itu, ternyata bermain catur memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat bermain catur.

Melatih konsentrasi

Catur merupakan permainan yang membutuhkan konsentrasi tinggi mengenai taktik dan strategi pada tiap perpindahan bidak catur. Jadi sesekali saja Anda salah dalam melangkahkan bidak, maka akan berakibat fatal. Sehingga, permainan catur ini dapat melatih konsentrasi otak Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan IQ

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa permainan catur ini adalah permainan orang-orang yang cerdas. Namun juga ada yang mengatakan bahwa dengan bermain catur orang akan menjadi pintar. Dari hasil penelitian, bermain catur sangat baik untuk meningkatkan IQ bagi orang yang rajin memainkannya. 

Melatih kesabaran

Bermain catur terkadang membutuhkan waktu lama dan ada yang cepat, tergantung berapa lama pemain berkonsentrasi untuk memilih bidak yang akan dijalankan. Oleh karena itu, bermain catur sangat menguji kesabaran pemain.

Meningkatkan kreativitas

Dalam permainan catur, pemain akan dilatih lebih kreatif untuk menyusun strategi untuk mendapatkan jalan keluar guna memenangkan permainan. Sehingga bermain catur dapat menigkatkan kreativitas.

Melatih logika

Saat bermain catur, pemain dituntut untuk berpikir logis dengan strategi-strategi yang sudah dipersiapkan. Maka pada saat bermain catur, otak dituntut untuk berpikir dengan logika yang baik untuk mengalahkan lawan. Dengan begitu, pemain akan lebih mudah untuk menciptakan langkah-langkah yang tepat dalam permainan catur.

Mengajarkan sebuah proses

Dalam sebuah permainan catur, tidak ada yang prosesnya instan, karena membutuhkan kerja keras dalam memenangkan permainan. Untuk itu, saat berhasil memenangkan permainan catur perlu sekali untuk menghargai usaha dan proses.

 

Itulah beberapa manfaat bermain catur. Permainan catur sangat bagus dimainkan, karena bermain catur berdampak positif bagi kita.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Minesweeper, Game Bawaan Windows yang Asik Untuk dimainkan dan Meningkatkan Kemampuan Berfikir
17 Juni 2017
DAMPAK NEGATIF BERMAIN GAME TERHADAP TUBUH
17 Juli 2018
Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang Dari Bermain Game
04 Juli 2019
Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS | YouTuber Sukses Bermula Dari Sini!
05 Februari 2020
Ngampus : Daftar Kampus Yang Memiliki Jurusan "Game"
13 Februari 2020
Permainan yang dapat Meningkatkan Konsentrasi Anak
13 Maret 2020

Komentar