DAMPAK NEGATIF BERMAIN GAME TERHADAP TUBUH

access_time | label Berita
DAMPAK NEGATIF BERMAIN GAME TERHADAP TUBUH

DAMPAK NEGATIF BERMAIN GAME TERHADAP TUBUH

 

Buat para gamer, perlu tahu tentang ulasan dibawah ini apabila kita keseringan main game itu punya dampak negatif lho. Kalo kamu tahu apa dampak negatifnya, kamu bakal bisa mudah mengontrol durasi main game. Inilah beberapa dampak negatif dari seringnya bermain game:

1. Kurang Tidur

Biasanya kalo kamu udah asyik main game, kamu bakal mengabaikan rasa kantuk. Jadilah kamu terlalu asyik memainkan sebuah permainan, terus waktu tidurmu bakal berkurang deh.

 

2. Malas Mandi

Kalo udah pewe di depan PC atau laptop, kamu bakal malas bergerak ke mana-mana kan? Akibatnya, kamu jadi nggak dengar suruhan mama buat mandi deh. Nggak cuma itu, kalo kamu habis makan snack sambil main, sampah bekas snack itu bakal bertebaran di meja karena kamu malas buat bersih-bersih.

3. Mengasingkan Diri

Biasanya para gamer sering berkomunikasi sama lawan mainnya di dunia maya, tapi mereka malas bersosialisasi sama teman-teman di dunia nyata. Soalnya, realita kadang nggak sesuai bayangan. #tsaah

 

4. Depresi

Ini terjadi kalo gamer udah addicted berat sama game. Kalo kamu nggak main game sehari aja, rasanya pasti ada yang mengganjal. Pokoknya, kamu merasa harus main game untuk memenuhi “kebutuhanmu” itu.

 

5. Stres

Seringkali game itu memberikan sebuah kompetisi atau persaingan yang bikin kamu cari cara untuk memenangkan game itu. Kalo nggak menang, kamu bakal coba lagi sampai kamu bisa marah-marah sendiri kenapa kalah terus. Nah, itulah penyebab stres, Loopers. Anehnya, kalo gamer udah merasa stres, cara mengatasinya dengan tetap bermain game dan melupakan waktu.

 

6. Arthritis dan Carpal Tunnel Syndrome

Arthritis adalah kelainan sendi yang meliputi peradangan, sedangkan Carpal Tunnel Syndrome adalah tekanan pada saraf di pergelangan tangan. Nah, keseringan main game bisa memperbesar kemungkinan terjangkit dua penyakit itu, Loopers. Soalnya, kalo kamu main game, jari-jari tangan kamu bakal bergerak aktif tanpa istirahat.

 

7. Kehilangan Nafsu Makan

Kayak nomor 1, para gamer jadi kehilangan nafsu makan gara-gara fokus bermain game. Kalo disuru makan, mereka malah memilih makanan cepat saji seperti mie instan yang kurang gizinya.

 

8. Agresif

Gara-gara terlalu berambisi memenangkan suatu permainan, para gamer jadi agresif dan ambisius, Loopers. Misalnya, kamu jadi marah kalo aktivitas bermain game-mu terganggu sama orang lain.

 

9. Sakit Mata

Yap, gara-gara terlalu sering menatap layar laptop atau PC, mata kamu jadi kena radiasi yang terpancar. Apalagi kalo keterusan, mata kamu bakal sakit dan buram saat melihat.

 

10. Mudah Lelah

Keseringan duduk di depan laptop atau PC bisa bikin para gamer jadi pegal-pegal. Soalnya, kamu nggak menggerakkan tubuhmu, Loopers. Begitu kamu gerakkan, badan kamu pun terasa sakit karena badanmu belum siap bergerak.

 

Kesimpulannya adalah main game itu boleh kita lakukan ,tapi dengan catatan bermain secukupnya sebab kalau kita terlalu sering bermain game itu akan berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh .

 

Penulis

foto indra
indra

Artikel Terkait

Share

Komentar