Logo Eventkampus

Permainan yang dapat Meningkatkan Konsentrasi Anak

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Permainan yang dapat Meningkatkan Konsentrasi Anak

Kegiatan favorit anak tentunya bermain. Selain membuat anak senang, kegiatan bermain ini membawa banyak manfaat positif untuk anak. Selain meningkatkan mood anak, bermain juga melatih perkembangkan kognitif, fisik, sosial, dan emosionalnya. Lewat bermain, anak menjadi lebih aktif, mampu berpikir panjang, dan lebih konsentrasi saat belajar. Berikut ini macam-macam permainan untuk anak yang dapat meningkatkan konsentrasi.

1.    Gelang Daun

Dalam permainan yang satu ini peralatan yang dibutuhkan adalah selotip kertas dan aneka daun. Setelah itu selotip dibuat melingkar pada tangan dengan menghadap bagian atas. Setelah itu, permainan pun dilakukan di luar ruangan dengan cara membiarkan anak untuk menaruh beragam jenis daun yang jatuh untuk ditempelkan pada selotip yang melingkar di bagian tangannya. Permainan untuk meningkatkan konsentrasi anak ini tentunya memiliki manfaat yang baik dalam memberikan pengetahuan mengenai beragam jenis daun dan memperhatikan lingkungan di sekitarnya.

2.    Puzzle

Anak-anak usia 5 tahun ke atas sudah bisa dilatih bermain puzzle dengan kepingan lebih banyak. Pilihlah puzzle bergambar bangunan-bangunan simbolis atau bersejarah di dunia. Mintalah ia menebak nama bangunan tersebut dan terdapat di negara atau daerah mana. Selain melatih konsentrasinya, wawasannya pun bertambah luas. Puzzle yang sama bisa dimainkan berulang kali.

3.    Pesona Air

Dalam permainan yang satu ini peralatan yang dibutuhkan adalah spons kering serta bersih, air serta mangkuk. Cara bermainnya cukup mudah, yang mana anak akan diajak untuk mengamati spons yang dimasukkan ke dalam mangkuk berisi air. Ketika spons tersebut berada dalam keadaan kering ia akan mengambang dan ketika basah maka ia pun akan tenggelam. Dalam permainan ini anak dapat mempelajari keajaiban mengenai perubahan pada benda kering dan basar.

4.    Permainan dot to dot

Permainan ini sulit sekali ditolak anak. Pilih saja gambar dot to dot yang menarik untuk anak dari internet. Permainan untuk melatih konsentrasi ini pada dasarnya adalah menggambar sebuah benda dengan membuat garis dari satu titik ke titik lainnya. Anak akan fokus untuk melihat setiap titik karena penasaran akan jadi apa gambarnya nanti.

5.    Mencari Warna

Dalam permainan yang satu ini peralatan yang digunakan terdiri dari kotak serta bola atau keping kayu dengan warna yang beragam. Permainan dilakukan dengan proses menaruh kotak dengan warna tertentu di tempat tertentu pula. Setelah itu, anak diminta untuk memasukkan bola atau kayu berwarna tersebut untuk dimasukkan pada kotak yang memiliki warna senada. Bentuk permainan yang satu ini tentunya sangat melatih konsentrasi anak, karena dalam permainan yang dilakukannya anak akan berpikir dan berusaha untuk menyesuaikan setiap warna antara bola atau kayu dengan kotak yang memiliki warna serupa.  

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Minesweeper, Game Bawaan Windows yang Asik Untuk dimainkan dan Meningkatkan Kemampuan Berfikir
17 Juni 2017
DAMPAK NEGATIF BERMAIN GAME TERHADAP TUBUH
17 Juli 2018
Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang Dari Bermain Game
04 Juli 2019
Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS | YouTuber Sukses Bermula Dari Sini!
05 Februari 2020
Anda Hobi Bermain Catur!? Inilah Manfaat Bermain Catur
12 Februari 2020
Game yang dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat
13 Maret 2020

Komentar