Logo Eventkampus

UGM dan Indonesia-Australia Red Meat Cattle Partnership Gelar Pelatihan Manajemen Pakan Sapi

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
UGM dan Indonesia-Australia Red Meat Cattle Partnership Gelar Pelatihan Manajemen Pakan Sapi

Fakultas Peternakan UGM bekerja sama dengan Indonesia-Australia Red Meat Cattle Partnership menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Pakan Sapi pada 15-25 Maret 2021 lalu secara daring. Program yang ditujukan kepada karyawan perusahaan, koperasi, dan peternak yang berasal dari seluruh Indonesia ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan di bidang industri sapi potong, terutama penggemukan dan pembibitan.

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN Eng., mengatakan bagian dari kerja sama pemberian pelatihan ini bagi praktisi yang bergerak di bidang peternakan dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas sapi di Indonesia. “Pelatihan manajemen pakan sapi sangat relevan dan tepat untuk para praktisi atau pihak yang bertanggung jawab di bidang pakan dan penggemukan. Pelatihan didesain sedemikian rupa untuk menemukan solusi praktis untuk meningkatkan kinerja produksi dan reproduksi melalui peningkatan manajemen pakan,”kata Ali Agus dalam rilis yang dikirim Minggu (28/3).

George Hughes selaku Agriculture Counsellor Kedutaan Besar Australia di Jakarta menambahkan pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pemahaman yang lengkap mengenai praktik manajemen pakan, pakan ternak, dan kemampuan untuk mengembangkan rasio biaya pakan rendah untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan. “Saya berharap para peserta saling belajar, berbagi ilmu dan pengalaman sehingga tidak hanya belajar dari para pemateri,” ungkapnya.

Sementara koordinator pelatihan, Prof. Dr. Ir. Zaenal Bachruddin, M.Sc., IPU., ASEAN. Eng., selaku koordinator pelatihan berharap agar materi pelatihan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman peserta sehingga meningkatkan kompetensi untuk mendukung produktivitas peternakan atau perusahaan masing-masing.

Adung Karyo, peserta dari Samarinda, Kalimantan Timur, menjelaskan dirinya mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman dalam bidang manajemen pakan yang bisa diterapkan pada peternakan sapi yang dimiliki. Ia berharap dapat meningkatkan produktivitas peternakan terutama melalui manajemen pakan yang lebih baik berdasarkan materi yang telah diberikan. Selain itu, menurut Adung pelatihan ini dapat menambah jaringan antarpeserta dan meningkatkan kolaborasi di masa sekarang atau mendatang.

Materi pelatihan meliputi supply chain bahan baku pakan, manajemen gudang pakan, formulasi pakan yang efisien, peran penting mineral dan vitamin, hijauan makanan ternak, manajemen pastura, dan manajemen penyakit yang berkaitan dengan pakan. Pelatihan dilaksanakan secara online melalui pembelajaran asynchronous menggunakan platform e-LOK UGM dan pembelajaran secara synchronous menggunakan zoom meeting. Peserta dapat mengakses materi sebelum pembelajaran langsung (asynchronous). Dalam pembelajaran langsung, pemateri menggunakan studi kasus (study cases) untuk meningkatkan keaktifan peserta dalam diskusi serta menghubungkan studi kasus dengan materi yang telah didapatkan dalam pembelajaran asynchronous. Peserta juga mendapatkan online practice yang terdiri atas materi kontrol kualitas bahan baku pakan dan pembuatan formulasi pakan dengan Least Cost Ratio (LCR).

Dari 108 pendaftar, 25 orang lolos seleksi untuk mengikuti pelatihan tersebut yang terdiri atas 8 perempuan dan 17 laki-laki. 10 peserta berasal dari Sumatera, 3 peserta berasal dari Kalimantan, dan 12 orang berasal dari Jawa. Program Pelatihan Manajemen Pakan ini menghadirkan 16 pembicara, diantaranya 9 pembicara dari Fakultas Peternakan UGM, 1 pembicara dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM, 3 pembicara dari PT Pasir Tengah, dan pembicara dari PT ALTECH Indonesia, dan 1 orang pembicara dari Indonesia-Australian Cattle Commercial Breeding (IACCB).

Penulis : Gusti Grehenson 



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/20920-ugm-dan-indonesia-australia-red-meat-cattle-partnership-gelar-pelatihan-manajemen-pakan-sapi

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Tim NL_Mawib UGM Juara Kompetisi Finhac 2019
28 November 2019
Ganjar : Kagama Harus Beri Dampak Positif Bagi Masyarakat
16 Desember 2019
Proses Pemasakan Matikan Parasit Cacing pada Ikan
02 Maret 2020
Berjemur Sinar Matahari Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh
02 April 2020
Berkumur Air Garam Tidak Bisa Cegah Covid-19
28 April 2020
11 Mahasiswa AAPG UGM-SC Terima Dana Pendidikan L. Austin Weeks
03 Juli 2020

Komentar