Logo Eventkampus

Tim Sapuangin ITS Raih Juara Autonomous Programming SEM Asia 2021

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Tim Sapuangin ITS Raih Juara Autonomous Programming SEM Asia 2021

Pada perlombaan kali ini, Tim Sapuangin ITS lebih menunjukkan performa dari Divisi Electrical-nya. Dijelaskan oleh Ketua Divisi (Kadiv) Electrical Tim Sapuangin ITS Muhammad Samsul Arifin, timnya mengembangkan jalur lintasan, persepsi, serta algoritma kontrol untuk kendaraan otonom pada perlombaan ini dengan menggunakan Robot Operating System (ROS) versi Melodic.

Lebih lanjut, paparnya, kode yang telah dibuat dari ROS kemudian dijalankan menggunakan Microsoft Airsim pada unrealengine. Kadiv yang akrab disapa Samsul tersebut juga menyebutkan, bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa C++ dan Phyton dengan basis sistem operasi Ubuntu Linux 18.04.

Mahasiswa semester delapan Departemen Teknik Fisika tersebut juga mengaku bahwa karya yang dilombakan ini merupakan karya baru yang belum pernah dibuat Tim Sapuangin sebelumnya. “Tim kami benar-benar memulai dari nol dalam membangun simulasi untuk kompetisi ini,” klaim Samsul. Walaupun baru kali pertama mengikuti perlombaan sejenis Autonomous Programming ini, Tim Sapuangin ITS tetap berhasil membuktikan kebolehannya.

Ditambahkan juga oleh Staff External Relation Tim Sapuangin ITS Rida Ayu Arfianti, kompetisi SEM Asia 2021 yang biasanya diadakan secara luring dialihkan menjadi daring karena pandemi. Kompetisi ini berlangsung pada bulan Januari hingga Maret 2021. Sejak sebulan sebelum kompetisi, tim yang terdiri dari 32 anggota ini telah mempersiapkan banyak hal mulai dari mempelajari peraturan kompetisi, mempersiapkan kebutuhan tempat, hingga perangkat keras yang dibutuhkan.

Akan tetapi, diungkapkan Rida, situasi pandemi dan lockdown kampus pada saat itu membuat aktivitas serta komunikasi tim terbatas secara daring saja. Selain itu, pada awalnya, spesifikasi perangkat keras untuk mengikuti kompetisi ini sempat menjadi kendala. Di balik kendala yang ada, tim yang dibimbing Ir Witantyo MEngSc dan Dr Ir Atok Setiyawan MEngSc ini berhasil menjadi tim dengan jalur lintasan dan konsumsi energi paling efektif kedua, menyisihkan 100 tim dari semua region.

Rida kemudian menjelaskan kategori penilaian pada perlombaan ini. Dikatakannya, penilaian efisiensi ini dibagi menjadi empat yaitu mengenai waktu dan jarak tempuh, konsumsi energi, serta CPU Usage. Selain efisiensi, dinilai juga mengenai goals yang diperoleh selama simulasi. Poin dari keduanya kemudian diakumulasi untuk menjadi poin akhir. “Tim kami memperoleh 41 poin dan akhirnya menduduki juara kedua,” ungkap mahasiswi asal Blitar tersebut.

Setelah menjuarai perlombaan yang sebelumnya belum pernah diikuti, Rida berharap agar ke depannya Tim Sapuangin dapat mengikuti kompetisi sejenis. “Karya yang telah kami buat ini akan disimpan dan menjadi patokan pengembangan untuk kompetisi tahun depan,” pungkas mahasiswa angkatan 2018 ini mengakhiri. (HUMAS ITS)

 

Reporter: ion4



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2021/04/05/tim-sapuangin-its-raih-juara-autonomous-programming-sem-asia-2021/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Kenali Peran Pohon Guna Tingkatkan Kepedulian Terhadap Pohon
22 November 2019
ITS Luncurkan Sepeda Terapi Pascastroke
29 November 2019
Mahasiswa ITS Rancang Beton Ramah Lingkungan dari Limbah PLTU
11 Desember 2019
Dukung Ketahanan Pangan, ITS Buka Puslit Agri-Pangan dan Bioteknologi
30 Januari 2020
Ciptakan Sistem Deteksi Osteoporosis, Raih Doktor ITS di Usia 24 Tahun
24 Februari 2020
BengaOne, Bengkel Online Terobosan Mahasiswa ITS
12 Maret 2020

Komentar