Tips Melindungi Privasi Saat Online

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Melindungi Privasi Saat Online

Di era digital seperti saat ini, data begitu mudahnya berseliweran di interet atau media sosal. Padahal sebetulnya Kamu memiliki kendali atas data yang Kamu miliki. Agar data-data Kamu tidak sampai disalahgunakan, maka simak tip bagaimana menjaga privasi anda di era digital.


Informasi pribadi.

Sebelum Kamu memposting sesuatu secara online atau berbagi informasi dalam email Kamu harus berpikir dua kali. Sebab apa yang Kamu posting secara online, dapat dilihat oleh siapa saja. Berbagi informasi pribadi dengan orang lain yang tidak Kamu kenal secara pribadi adalah salah satu risiko terbesar secara online. Berbagi informasi sensitif seperti alamat, nomor telepon, kata sandi, tanggal lahir, nomor SIM, dan informasi rekening bank sangat berisiko dan jangang perlah kamu lakukan.


Foto.

Foto yang diambil dari smartphone terkadang menyematkan Koordinat GPS di foto, yang memungkinkan orang lain mengetahui lokasi pengambilan gambar dan dapat digunakan untuk menemukanmu. Waspadalah terhadap hal ini saat memposting foto ke situs media sosial online. Ingatlah bahwa gambar yang diposting online dapat disalin, diubah, dan dibagikan dengan banyak orang tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari Kamu, kecuali jika Kamu menggunakan pengaturan privasi untuk membatasi siapa yang memiliki akses ke gambar tersebut.


Email, Phishing, dan Malware. 

Berhati-hatilah saat membuka email dari orang atau sumber yang tidak dikenal, terutama jika tidak diminta. Mengklik tautan atau mengunduh lampiran dapat menginfeksi komputermu dengan virus atau membuat Kamu terkena malware. Beberapa virus membahayakan komputer, sementara yang lain memiliki kemampuan untuk mencuri informasi pribadi yang Kamu miliki dan akhirnya identitasmu.

Secara umum, waspadalah terhadap penipuan email dan situs web yang mencoba menipu agar Kamu membagikan informasi pribadi. Situs web yang terlihat sah dapat disiapkan dengan cepat. Ingat perwakilan layanan pelanggan yang sah tidak akan pernah meminta informasi pribadi atau kata sandimu.

Pertimbangkan untuk memasang antivirus premium terbaik di komputermu. cek disini untuk melihat antivirus terbaik https://www.naunar.com/2022/04/rekomendasi-antivirus-premium-terbaik.html


Pembaruan

Selalu perbarui sistem operasi komputer, browser, antivirus, dan perangkat lunak lainnya dengan patch keamanan terbaru atau harian. Untuk informasi tambahan tentang keamanan, kunjungi https://www.naunar.com/


Kata sandi

Pilih kata sandi yang kuat menggunakan 10 karakter dan kombinasi huruf besar, huruf kecil, simbol, dan angka. Jangan sertakan informasi pribadi. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk berbagai aktivitas online karena jika satu kata sandi disusupi, semuanya akan disusupi. Dan jangan pernah membagikan kata sandi yang Kamu miliki.


Komputer Umum/Warnet

Hindari mengetik informasi sensitif di komputer umum, seperti yang ada di perpustakaan umum atau kafe internet. Spyware dapat diinstal pada komputer ini yang merekam setiap penekanan tombol Anda. Juga, Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin mengawasi aktivitas Anda. Jangan pernah memilih fitur yang secara otomatis memasukkan ke email atau mencentang kotak apa pun untuk "Ingat Kata Sandi saya" di situs web.

Penulis

foto gambit
gambit

Artikel Terkait

Hal yang Diperhatikan Saat Melakukan Coding
19 Maret 2018
Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
22 Maret 2018
Cegah tanda penuaan dengan 10 gerakan pijat wajah
18 Juli 2018
Apa Beda Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Masa Orientasi Siswa
23 Juli 2018
Solusi Makan Sehat Di Tempat Kerja
20 Februari 2020
Tips Mengatasi Mabuk Perjalan
09 Maret 2020

Komentar