Logo Eventkampus

UI Jadi Universitas Pertama di Indonesia yang Ikuti Akreditasi Institusional AUN-QA

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
UI Jadi Universitas Pertama di Indonesia yang Ikuti Akreditasi Institusional AUN-QA

Dari tanggal 14- 19 Mei 2017, Universitas Indonesia (UI) akan menjalani proses penilaian institusi oleh tim penilai (assessor) ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

Hal ini merupakan sesuatu yang istimewa, karena UI adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk menjalani proses penilaian di level institusi.

“Salah satu alasan UI mendapatkan kesempatan ini adalah karena UI sudah mempunyai 20 program studi yang terakreditasi di AUN,” ujar Deputi BPMA UI Bidang Akademik, Yuni Krisnandi.

Menurutnya, salah satu persyaratan untuk mendapatkan kesempatan proses assestment institutional level adalah mempunyai minimal 5 program studi yang terakreditasi baik oleh AUN.

Berbeda dengan proses assestment yang dilakukan pada level program studi, pada level institusional penilaian dilakukan kepada seluruh unsur di UI, dari jajaran pimpinan sampai mahasiswa.

Dalam proses penilaian yang berlangsung, setiap bagian di Pusat Administrasi Universitas (PAU) dan Fakultas diharuskan mengisi borang self-assestment seminggu sebelum tim penilai datang.

Tim penilai selanjutnya akan melakukan proses wawancara terhadap para pimpinan UI, mulai dari level rektor, direktur, sampai ke dekan.

“Penilaian dilakukan untuk menilai 3 hal: strategi, manajemen, dan resources. Lebih spesifik lagi terhadap perencanaan, implementasi, dan evaluasi dari UI sebagai sebuah universitas,” tambahnya.

Selain itu, unsur UI lain juga akan melalui proses penilaian seperti unsur Dewan Guru Besar (DGB), Majelis Wali Amanat (MWA) dan mahasiswa juga akan melakukan proses wawancara oleh tim penilai.

Tim penilai AUN-QA terdiri dari 9 orang dari berbagai universitas di ASEAN, diantaranya adalah Universiti of Science Malaysia, University of Philliphines, Culalongkhorn Thailand, dan University of Singapore.

Dengan adanya penilaian AUN-QA ini, maka UI sebagai sebuah institusi pendidikan sudah berhasil menempatkan dirinya sejajar dengan universitas-universitas terkemuka lainnya di Asia Tenggara.

AUN adalah sebuah organisasi jejaring universitas di Asean yang mempunyai tujuan utama untuk memperkuat dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan tinggi antar negara Asean.

Indonesia mempunyai 4 perguruan tinggi yang menjadi anggota AUN dan mendapatkan assessment AUN-QA tiap tahunnya yaitu UI, UGM, ITB, dan UNAIR.

AUN Quality Assurance (AUN-QA) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi universitas yang menjadi anggota AUN.

 

Sumber : ui.ac.id

Penulis

foto Eventkampuscom
Eventkampuscom
EventKampus

Komentar