Logo Eventkampus

Manfaat dan kerugian sosial media nah SIMAK BAIK-BAIK GUYS.....!!!

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat dan kerugian sosial media nah SIMAK BAIK-BAIK GUYS.....!!!

                                                                                               Manfaat dan kerugian sosial media

                                                                                               Nah SIMAK BAIIK-BAIIK GUYS...!!!

Manfaat sosial media

1. Jangkauan Koneksi ke Seluruh Dunia

Tidak ada cara yang lebih mudah untuk menemukan seseorang selain menggunakan sosial media. Teman dan guru SD, sahabat pena dari luar negeri, bahkan rekan kerja bisa dengan cepat Anda temukan melalui sosial media.

Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak jenis sosial media lainnya yang memungkinkan seluruh orang di dunia dapat berinteraksi satu sama lain. Hal ini pun kemudian memiliki banyak efek dan manfaat yang beragam.

Konektivitas bisa membantu Anda untuk:

  • Mencari pasangan
  • Mencari pekerjaan
  • Menemukan lokasi
  • Menjual atau membeli produk beserta informasinya
  • Berkampanye
  • Mendapatkan berita dan sebagainya
  • Berbagi materi pembelajaran

 

2. Mempertemukan Orang dengan Ketertarikan yang Sama

Ketika Anda memilih untuk berpartisipasi dalam sebuah komunitas di jejaring sosial, Anda dapat memilih mana komunitas yang sesuai dan Anda inginkan. Misalnya Anda ikut dalam komunitas buku, komunitas yoga, atau komunitas olahraga tertentu.

Manfaat ini juga memungkinkan Anda untuk dapat saling berbagi pengalaman ataupun tips dan trik mengenai sesuatu. Pinterest misalnya, sukses untuk menjadikan dirinya sebagai sarana bagi orang lain untuk belajar dan berbagi informasi.

3. Berbagi Informasi Secara Real-Time

Banyak sosial media yang dilengkapi dengan fitur untuk melakukan chat sehingga antara Anda dan orang lain bisa berkomunikasi dan bertukar informasi secara real-time. Mungkin ini merupakan fungsi awal sosial media pertama kali diciptakan, untuk berkomunikasi.

Banyak pihak yang diuntungkan dengan fitur ini, misalnya pada lingkup sekolah. Seorang guru bisa menggunakan fitur ini untuk memfasilitasi kegiatan diskusi sambil mencari informasi pada internet.Atau bagi pengurus-pengurus perpustakaan, mereka tak akan mengganggu murid yang sedang membaca dengan cara berkomunikasi melalui sosial media.

Bagi Anda yang merupakan seorang pebisnis, Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk dijadikan sebagai alat manajemen pertemuan tim misalnya. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk keperluan rapat atau seminar dan distribusi informasi.

 

 

4. Menjangkau Target Pasar

Jika Anda memiliki organisasi non-profit ataupun pemilik sebuah perusahaan produk/jasa, sosial media akan sangat membantu Anda untuk mencapai jutaan orang kapanpun yang Anda mau.

Sosial media memungkinkan Anda untuk menyebarkan konten produk atau jasa ke para target Anda. Setiap platform sosial media menawarkan berbagai tools atau fitur yang memungkinkan bagi sebuah bisnis untuk menyampaikan konten tertentu pada target mereka.

5. Peningkatan Sirkulasi Informasi

Tidak diragukan lagi, sosial media telah merevolusi kecepatan sirkulasi informasi atau berita. Banyak organisasi atau kantor berita yang bergantung pada sosial media untuk mengumpulkan dan membagikan informasi.

Kini Twitter telah menjadi sumber utama bagi masyarakat dan juga Anda untuk mendapatkan berita. Siapapun dapat mengetahui apa saja yang sedang terjadi di seluruh dunia secara real-time dengan penggunaan sosial media.

Kerugian Sosial Media

1. Rentan Terjadi Kesalahpahaman

Sebuah bahasa satu negara berbeda dengan negara lainnya, sehingga sebuah konten yang misalnya saja Anda anggap sebagai sebuah lelucon bisa jadi berarti lain bagi orang lain. Hal ini berlaku terutama pada ruang lingkup politik dan agama.

Kesalahpahaman akan sebuah konten yang ada di sosial media dapat berujung pada masalah besar dan memiliki dampak di masa depan. Bahkan, komentar atau pendapat Anda mengenai suatu hal yang kemudian diposting di sosial media dapat berdampak bagi jalannya bisnis Anda.

2. Cyber Crime Atau Kejahatan Dunia Maya


Penggunaan sosial media yang tak semestinya dapat berujung pada penghinaan atau pelecehan terhadap orang lain, bahkan anak-anak. Bahaya lainnya yang suka terlupakan adalah konten-konten berbahaya seperti gambar atau video porno yang bisa diakses dengan mudah oleh anak-anak.

Selain itu seiring berkembangnya waktu kini muncul perilaku cyberbullying dimana orang lain baik perempuan maupun laki-laki diintimidasi secara negatif oleh pihak tak bertanggung jawab melalui sosial media.

3. Risiko Penipuan Atau Pencurian Identitas

Suka atau tidak, informasi yang Anda posting di internet telah menjadi konsumsi untuk semua orang, bahkan penjahat sekalipun. Banyak pelaku kejahatan yang dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan informasi diri Anda dan memanfaatkannya.

Jika mereka berhasil mencuri identitas diri Anda, maka bersiaplah untuk menghadapi yang terburuk. Sebuah laporan mengatakan, kejahatan ini merupakan salah satu bentuk kejahatan yang paling cepat berkembang dan menelan banyak korban.

Penulis

foto candraadipermana
candraadipermana

Artikel Terkait

Ini Loh 9 Cara Mendapatkan Like Banyak di Instagram Tanpa Hashtag
15 Agustus 2018
7 Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit Saat Belanja Online
20 Agustus 2018
Hasil Bulu Tangkis AG 2018: Indonesia vs Cina Skor 1-3, Gagal Emas
23 Agustus 2018
KKN Undip Support Warga Pagertoyo Bebas ODF
27 Agustus 2018
Peluang Medali Indonesia di Asian Games 2018 Hari Ini
28 Agustus 2018
Pramudita cs Rebut Emas ke-27 Indonesia di Asian Games
29 Agustus 2018

Komentar