Logo Eventkampus

Manfaat belerang dalam kehidupan manusia

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat belerang dalam kehidupan manusia

           Belerang adalah salah satu unsur kimia yang tidak termasuk dalam kelompok mineral logam. Kalau dalam tabel periodik, belerang diberi simbol S atau sulfur. Untuk mendapatkan belerang  murni bisa ditemukan di sumber lingkungan yang dekat dengan gunung berapi, yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif. Hal ini karena adanya sumber gas hidrogen sulfida yang dibentuk dari bawah permukaan bumi dan terpengaruh oleh oksigen.

           Berbicara mengenai belerang, sebenarnya unsur kimia tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan manusia. Ya, baik itu untuk kesehatan, kecantikan, kehidupan sosial, dan lain sebagainya. Biasanya belerang yang masih murni dari alam memiliki warna kekuningan, padat, tidak berbau, tidak memiliki rasa, dan tidak memiliki sifat larut dalam air. Sumber air panas yang mengandung belerang sering dianggap dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan juga baik untuk kecantikan. Itu sebabnya banyak orang yang memanfaatkan belerang.

Biasanya orang memanfaatkan belerang untuk keperluan berbagai hal, ada yang digunakan untuk mengobati penyakit khususnya kulit, dan juga biasanya untuk terapi kecantikan. Nah, sebenarnya apa saja manfaat dari belerang? Berikut ini beberapa manfaat belerang dalam kehidupan manusia:


Manfaat Belerang dalam Kehidupan Manusia:

1.  Mengobati alergi

               Apabila anda memiliki masalah alergi terhadap beberapa hal, anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan belerang. Dengan terapi pengobatan alami menggunakan belerang ini akan membantu mengobati dan menghilangkan efek alergi yang anda derita selama ini.

2.  Mengobati gatal pada kulit

               Gatal-gatal kulit akibat bakteri dan kuman akan menjadikan iritasi apabila dibiarkan begitu saja, apalagi kalau sering digaruk. Untuk mengobati gatal-gatal pada kulit, anda bisa memanfaatkan belerang. Mandi dan berendamlah di dalam air hangat yang mengandung belerang selama kurang lebih 30 menit. Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

3.  Mengatasi panu dan kurap

                Panu dan kurap sebenarnya bukan hanya mengganggu kesehatan, akan tetapi juga mengganggu kecantikan. Untuk mengatasi panu dan kurap, anda bisa memanfaatkan belerang. Campurkan bubuk belerang dengan dengan minyak sayur, kemudian oleskan pada kulit yang terdapat panu atau kurap. Lakukanlah secara rutin hingga keduanya sembuh.

4.  Mengobati kutil

                Kutil juga bisa disembuhkan dengan memanfaatkan belerang. Kutil yang tumbuh secara tiba-tiba dan tumbuh di tempat tertentu memang terasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengobatinya, anda bisa memanfaatkan sari belerang, yang tentunya efektif mengobati kutil.

5.  Mengobati koreng/kudis

                Bukan hanya mengatasi panu, kurap, dan kutil saja, belerang juga dapat mengobati koreng atau kudis. Anda cukup mandi dan berendam di dalam air hangat yang mengandung belerang. Biasanya di kawasan gunung berapi banyak dijumpai air panas yang mengandung belerang, anda bisa memanfaatkan air tersebut untuk mengobati koreng atau kudis.

6.  Mengobati eksim

                 Belerang memiliki zat kimia yang aman untuk mengobati eksim. Eksim adalah penykit gatal pada kulit hingga menimbulkan koreng dan bahkan bernanah. Dengan memanfaatkan belerang, penyakit eksim bisa sembut secara perlahan. Sifat belerang mampu membunuh jamur penyebab eksim. Berendamlah di dalam air hangat yang mengandung belerang selama beberapa saat.

7.  Membantu pembentukan hormon insulin

                  Belerang atau sulfur merupakan zat yang mutlak dibutuhkan tubuh. Oleh sebab itu manusia dmembutuhkan belerang dalam takaran yang pas. Belerang mampu membantu dalam pembentukan hormon insulin, yaitu hormon yang sangat dibutuhkan dalam kesehatan tubuh seseorang.

8.  Mengobati epilasi

                  Epilasi adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian saraf. Jika dibiarkan begitu saja akan mempengaruhi semua saraf yang ada dalam tubuh. Untuk mencegahnya dan mengobati agar tidak menyebar dan menjadi parah, anda bisa memanfaatkan belerang.

Manfaat lain dari belerang

  • Makanan untuk tanaman
  • Komponen produk rumah tangga
  • Campuran pembuatan beton
  • Digunakan dalam produksi baja
  • Campuran bahan kosmetik
  • Campuran bahan pembuatan aspal
  • Bahan pembersih air
  • Produksi kembang api
  • Belerang dalam proses industri karet
  • Bahan pembuatan korek api
  • Campuran bahan pewarna
  • Komponen produksi pupuk

Manfaat belerang bagi ekonomi sosial:

               Belerang merupakan unsur alam yang ketersediaannya sangat melimpah dari alam. Untuk mengolah belerang menjadi berbagai macam komponen membutuhkan banyak industri. Sehingga dalam hal ini belerang juga memberikan pengaruh besar dalam menyediakan lapangan kerja, meningkatkan status ekonomi negara, dan menyejahterakan seluruh masyarakat. Belerang pun memiliki peran penting dalam membantu menyediakan kebutuhan manusia serta seluruh makhluk hidup. Jagalah kelestarian lingkungan agar sumber daya alam termasuk belerang tetap terjaga dengan baik. Belerang akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan, bahkan banyak yang tidak menyadari akan hal ini. Oleh sebab itu kita perlu menyadarinya dan menjaganya dengan baik.

 

Demikianlah informasi tentang Manfaat Belerang dalam Kehidupan Manusia. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Penulis

foto Agung Siswanto
Agung Siswanto
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

tips daya ingat
06 Januari 2018
Fakta Martin Garrix
18 Januari 2018
Ini dia ! Manfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan
19 Januari 2018
manfaat dari daun pepaya
22 Januari 2018
Misteri 4 Benua Atlantis yang Hilang
22 Januari 2018

Komentar