Manfaat Daun Mint

access_time | label Berita
Manfaat Daun Mint

Asal-Usul Daun Mint

                Daun mint sudah digunakan sebagai pasta gigi sejak abad ke-14 dan pada masa itu juga digunakan untuk pemutih gigi. Seorang Bapak Botani Inggris bernama Turner mengatakan bahwa daun mint dapat menambah rasa lezat pada saus. Salah satu spesies mint yang bernama Spearmint dulu sering ditambahkan pula pada susu untuk menghindari susu mengental. Spearmint juga dulu sering digunakan sebagai bahan pembuatan saus dan jeli untuk disajikan bersama hidangan daging domba. Jenis yang sama pun dulu direkomendasikan sebagai pengobatan cegukan, perut kembung, dan gangguan pencernaan.

                Daun mint berasal dari genus Mentha. Mint memiliki batang persegi dan daun aromatik. Tanaman ini dapat menyebar secara vegetatif dengan stolon dapat menjadi tanaman liar di kebun. Bunga-bunganya kecil dan berwarna ungu pucat, pink, atau putih. Famili Lamiaceae atau yang merupakan famili tanaman mint ini juga terdapat beberapa spesies lain yaitu :

  • The Bergamots atau Bee Balm yang merupakan genus Monarda, biasa juga disebut mint kuda
  • Genus Pycnathemum yang biasa disebut mint pegunungan
  • Catnip (Nepeta Cataria) atau lazim disebut catmint (mint kucing).
  • Dittany (Cunila Origaniodes) disebut pula mint batu.
  • Yang terakhir berasal dari Australia dari genus Prostanthera yang disebut mint bushes

 

Kandungan daun mint

Beberapa kandungan mint yang sangat baik untuk tubuh adalah antioksidan, serta beberapa vitamin seperti vitamin C, A, D dan E yang sangat baik untuk tubuh anda. Beberapa mineral juga ada di dalamnya, misalnya kalsium serta fosfor. Kandungannya ini yang membawa sejumlah manfaat dari daun mint, seperti berikut ini :

1. Penambah aroma makanan

Anda pernah merasakan perment mint? Nah itu salah satu pengaplikasian daun mint dalam makanan. Sebenarnya orang mencampurkan mint dalam masakan, bertujuan untuk menambah ciri khas dan aroma yang menyegarkan.

2. Meningkatkan nafsu makan

Banyak yang mengaku lebih kecanduan jika makanan yang di sajikan mengandung mint. Rasa yang diberikan daun mint ini sangat menetramkan dan memberikan efek nyaman bagi penikmatnya. Sehingga salah satu tujuan pemberian daun ini dalam bahan masakan untuk meningkatkan nafsu makan lebih tinggi.

3. Aromaterapi

Dalam hal medis, manfaat daun mint baik di gunakan sebagai aromaterapi. Biasanya digunakan bagi pasien yang membutuhkan ketenangan dan perasaan rileks khusus.

4. Mengatasi nyeri

Daun mint juga dipercaya sebagai obat untuk mengatasi rasa nyeri dalam tubuh. Sebab kandungan di dalamnya terdapat antispasmodic. Zat ini sangat baik bekerja untuk mengendurkan otot anda yang menegang. Sehingga cocok untuk mengatasi nyeri otot di tubuh.

5. Baik untuk pencernaan

Selain itu manfaat daun mint untuk kesehatan juga baik untuk sistem pencernaan tubuh anda. Kadar dan kandungan yang ada di dalam mint tidak terdapat efek samping yang membahayakan. Bahkan mint juga mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh anda. Sebab ada antioksidan dan fitonutrien.

6. Mengatasi demam tubuh

Salah satu efek daun mint adalah memberikan rasa dingin yang menyegarkan untuk tubuh. Meskipun berada di bawah terik matahari, efek yang ditimbulkan dari mint berbeda. Bahkan mereka yang memiliki demam atau kenaikan suhu, biasanya menggunakan mint untuk meredakan panasnya.

7. Sebagai tameng untuk radikal bebas

Bagi anda yang hidupnya berada terus di bawah terik sinar matahari, lebih banyak terkena radikal bebas. Hal ini meningkatkan kecenderungan munculnya beberapa penyakit baru. Salah satu cara untuk menangkisnya adalah dengan menkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Mint adalah contohnya.

8. Merawat kesehatan gigi dan mulut

Banyak sekali bakteri yang ada dan bersarang di dalam mulut anda. Untuk itulah mengapa anda di anjurkan minimal menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Manfaat daun mint adalah tumbuhan yang mengandung zat anti bacterial dan anti inflamasi yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mulut anda. Bahkan mampu mencegah dari kerusakan gigi permanen.

9. Mengurangi stress

Mint memberikan estraksi dan efek ketenangan bagi penikmatnya. Untuk itulah mengapa mint digunakan sebagai aromatarapi di dalam dunia medis. Kandungan antioksidan mampu di gunakan melawan stress dari luar tubuh anda. Hasilnya tubuh anda menjadi lebih tenang dan rileks

10. Mengobati batuk dan gatal tenggorokan

Beberapa obat warung mengadopsi mint sebagai perasa untuk meredakan batuk. Sebab kandungan dalam mint juga sangat aktif untuk menyembuhkan dan meredakan gatal gatal tenggorokan yang menyebabkan batuk. Hal ini disebabkan ada beberapa komposisi mint yang sangat baik untuk membuka rongga pada bagian hidung.

11. Melegakan pernapasan

Orang yang merasa sesak, biasanya diberikan pelega yang sifatnya menyegarkan. Salah satu estraksi yang digunakan adalah dengan manfaat daun mint. Sebab ada kandungan khusus yang mampu membuka rongga pada jalanya pernapasan, sehingga membuat penderita merasa lega.

12. Meningkatkan sistem imunitas

Kekebalan tubuh akan meningkat ketika nutrisi yang di butuhkan tubuh anda terpenuhi secara maksimal. Salah satu nutrisi makronutrien yang sangat berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh adalah vitamin. Kerja dari vitamin C yang sesuai dengan porsi tubuh anda, biasanya 500 mg, jika terpenuhi sepanjang hari mampu meningkatkan imunitas.

13. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan mint juga terdapat vitamin A. salah satu fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan dan perawatan mata. Bahkan para lansia yang mengalami gangguan atau mulai rabun dianjurkan untuk terus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, salah satunya dengan mint dan wortel.

14. Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi

Kondisi tulang semakin lama memang menurun, selaras dengan usia yang menua. Namun cara untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan fosfor. Meskipun dalam mint tidak banyak mengandung kalsium dan fosfor, namun setidaknya bisa sidikit membantu dalam hal pemenuhan.

15. Mengurangi resiko kanker

Penelitian baru baru ini mengungkapkan bahwa ternyata mint mampu mengurangi resiko kanker usus besar. Sebab kandungan radikal bebas yang ada dalam tubuh mampu di netralisir dengan mint. Salah satu zat yang sangat berperan aktif disini adalah zat anti oksidan.

16. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat daun mint memiliki kandungan vitamin E dan D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam hal ini, di gunakan untuk membantu memperbarui kulit mati atau kulit yang sudah tidak baik. Selain itu manfaat dari asam salisilat yang sangat berguna dalam proses penggantian sel kulit yang sudah rusak. Sehingga kulit yang tumbuh setelahnya menjadi lebih sehat dan nampak segar.

17. Mengatasi alergi

Mint sangat baik untuk mengontrol kondisi alergi pada kulit anda. Ia memiliki zat yang mampu mengontrol dan mematikan kondisi bakteri jahat serta jamur. Maka adanya control dari rasa allergen, bentuk gatal gatal yang timbul dari alergi jadi terkendali. 

Hal di atas merupakan bentuk manfaat yang di timbulkan oleh daun mint. Semoga dapat membantu. Terima kasih sudah membaca….

Tags

Artikel Terkait

Penulis

foto Agung Siswanto
Agung Siswanto
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Share

Komentar