Logo Eventkampus

5 Hal yang Harus Kamu Tekuni di Kampus Agar Masa Kuliah Tidak Sia-sia

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
5 Hal yang Harus Kamu Tekuni di Kampus Agar Masa Kuliah Tidak Sia-sia

5 Hal yang Harus Kamu Tekuni di Kampus Agar Masa Kuliah Tidak Sia-sia

Pastikan saat menjadi mahasiswa, kamu menjamin dirimu berkualitas sesuai dengan almamater yang kamu sandang. Begitu banyak lulusan yang lulus cepat tapi menjadi orang yang biasa-biasa saja. Namun, banyak juga yang terlambat lulus juga tidak kalah biasa. Padahal, mahasiswa merupakan simbol inteligensi yang sangat dihormati oleh seluruh kalangan. Sayangnya, hanya segelintir orang saja yang menyadari dan memanfaatkan gelar itu dengan baik. 

Itu sebabnya, kamu harus tahu hal-hal yang perlu ditekuni selain mengerjakan tugas dan memenuhi presensi perkuliahan. Sebagai bekal kemandirian pasca kuliah dan jalan menuju kesuksesan. Ada apa saja ya? Simak, yuk!

1. Mengasah minat dan bakat

Bisa jadi banyak di antara kalian yang mengabaikan minat dan bakat yang ada di dalam diri. Kedua hal ini dianggap tidak penting untuk masa depan. Kamu berpikir, mendapatkan pekerjaan dan gaji sudah cukup menjamin. Padahal tidak demikian. Zaman terus berubah. Mindset lama tidak bisa terus berlaku sepanjang waktu.

Minat dan bakat adalah sesuatu yang sudah ada tanpa perlu mencarinya jauh-jauh. Kamu hanya perlu memanfaatkannya dengan maksimal dan mengeluarkan potensi terbaik. Tekunilah dengan sarana yang tersedia di sekitar seperti internet, pelatihan, les, komunitas dan sebagainya. 

2. Banyak baca buku dan artikel populer

Kelemahan dari mahasiswa sekarang adalah malas baca buku. Percaya gak? Sebaiknya kamu cek sendiri ya. Padahal, buku menyimpan energi dahsyat yang bisa menciptakan kesuksesan bagi pembacanya.

3. Aktif di komunitas dan organisasi

Kamu juga wajib mengasah jiwa sosial, tanpa mengenyampingkan hal lainnya. Sebab, di kehidupan nyata, kamu akan hidup berkelompok, bermasyarakat dan bekerja dalam tim. Kamu harus paham bagaimana cara berhadapan dengan orang dengan ragam karakternya. Kamu harus juga punya cara mengatasi konflik yang pasti ada. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui pola manajemen dalam organisasi yang akan sangat berguna di masa pasca kampus. 

4. Bekerja paruh waktu

Tujuan bekerja paruh waktu bukan semata karena uang. Tapi, lebih kepada menanamkan empati untuk kedua orangtuamu. Mereka adalah orang yang membiayai hidupmu hingga sekarang. Dengan bekerja, kamu akan lebih memahami betapa kerasnya perjuangan untuk makan dan kenyamanan dalam hidup. 

5. Berbisnis

Sekalipun kamu akan bekerja sebagai pegawai atau karyawan sebuh perusahaan, skill dan mental bisnis harus tetap dibangun. Bekerja dengan orang atau lembaga lain tidak menjamin bertahan lama. Bisa saja kamu yang tidak betah atau perusahaan yang harus memecatmu. Di saat sepeti itu, bisnis akan sangat bermanfaat untuk menopang hidupmu dalam bentuk lain. 

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu tekuni mulai sekarang. Mumpung belum selesai kuliah. Jika kamu berhasil menerapkan semuanya, Yakin deh mentalmu akan lebih siap menghadapi tantangan yang tiada habisnya.    

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

Ini Loh 9 Cara Mendapatkan Like Banyak di Instagram Tanpa Hashtag
15 Agustus 2018
7 Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit Saat Belanja Online
20 Agustus 2018
Hasil Bulu Tangkis AG 2018: Indonesia vs Cina Skor 1-3, Gagal Emas
23 Agustus 2018
KKN Undip Support Warga Pagertoyo Bebas ODF
27 Agustus 2018
Peluang Medali Indonesia di Asian Games 2018 Hari Ini
28 Agustus 2018
Pramudita cs Rebut Emas ke-27 Indonesia di Asian Games
29 Agustus 2018

Komentar