Logo Eventkampus

Keuntungan sehat jika kamu sering menghabiskan waktu di luar ruangan

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Keuntungan sehat jika kamu sering menghabiskan waktu di luar ruangan

Beberapa orang memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruangan. Namun ada juga yang suka untuk berkegiatan di luar ruangan. Well, memang berada di luar atau di dalam ruangan adalah pilihan masing-masing individu. Namun kamu pasti setuju bahwa menghirup udara segar, berlari tanpa alas kaki di rerumputan, dan menikmati sinar matahari yang cerah terasa begitu menyenangkan dan menyehatkan.

Inilah keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu sering menghabiskan waktu di luar ruangan.

  • Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari berinteraksi dengan alam adalah menurunnya tingkat stres. Stres diketahui bisa memperburuk penyakit. Sehingga semakin sering kamu menghabiskan waktu dengan alam adalah kamu terbebas dari stres. Penelitian menunjukkan bahwa berkebun bisa mengurangi kadar kortisol tubuh.
  • Saat tingkat stres menurun, maka kesehatan mental jadi meningkat. Kamu pun terhindar dari depresi.
  • Menghabiskan waktu di alam juga bisa mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan kinerja kognitif. Penelitian di Finlandia menunjukkan bahwa berlarian di alam bebas bisa meningkatkan prestasi akademik anak-anak.
  • Selain meningkatkan kemampuan kognitif, bermain di luar bisa menghindarkan anak-anak dari rabun jauh yang umumnya disebabkan karena kurangnya paparan sinar matahari.
  • Terakhir, alam juga memiliki efek mendalam pada penyembuhan. Hal ini diketahui dari percobaan yang melibatkan pasien pascaoperasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pasien yang sering melihat alam bebas dari jendela memiliki proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tinggal di kamar tanpa jendela.

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Cara Menurunkan Hipertensi dengan Seledri
06 Juli 2017
Ingin Hidup Sehat dan Tak Gampang Sakit ? Coba, Terapkan dan Jagalah 6 Pola Hidup Sehat Ini.
10 Juli 2017
Bingung Saat Waktu Luang ? Coba,  Lakukan 5 Hal Ini Untuk Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Kesehatan 
11 Juli 2017
Keuntungan media partner
17 November 2017
Tips Memilih Makanan Sehat yang Baik untuk Tubuh
02 Januari 2020
Lama main di luar, kok kulit jadi gelap. Kenapa ya??
22 Januari 2020

Komentar