Logo Eventkampus

Manfaat Belajar Puasa Bagi Anak-Anak

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Belajar Puasa Bagi Anak-Anak

Meskipun perut terasa laper dan badan terasa sedikit lemas tetapi puasa menyehatkan tubuh bagi yang menjalaninya. Untuk anak-anak yang belum aqil balig sebenarnya hukumnya belum wajib tetapi belajar puasa tidak salah karena puasa mempunyai berbagai manfaat di antaranya:

Manfaat puasa dari segi kesehatan

Puasa menyehatkan organ pencernaan, hal ini di sebabkan karena selama beberapa jam setiap hari dalam satu bulan penuh berpuasa organ pencernaan dapat beristirahat sementara. Asal kita tahu proses pencernaan makanan di dalam tubuh berlangsung selama 8 jam. Dalam kehidupan sehari-hari kondisi itu sering kali tidak tercapai. Sebab selang waktu makan satu dengan lainnya kurang dari satu kurang dari 8 jam. Akibatnya dalam tubuh akan terjadi penimbunan banyak zat yang tidak diperlukan yang akan menjadi racun bagi tubuh.

Dengan berpuasa tubuh akan melakukan detoksifikasi sekaligus meregenerasi sel-sel tubuh. Semua zat yang tidak di perlukan tubuh termasuk racun akan di keluarkan. Sel-sel tubuh yang sudah tidak di perlukan. Sel-sel tubuh yang sudah tidak berfungsi pun akan di ganti juga di remajakan kembali. Berdasarkan penelitian, puasa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Karena saat berpuasa terjadi peningkatan kadar limfosit sepuluh kali lipat. Limfosit merupakan pusat kekebalan yang melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan jamur.

Manfaat puasa dari segi mental

Dengan berpuasa pola makan jadi terbentuk yakni menjadi teratur yang dapat mencegah kegemukan dan terhindar dari jajanan yang kurang sehat di siang hari. emosinya terlatih dimana Ia belajar menahan keinginannya saat merasa lapar dan haus. Selain itu harus tetap tenang dan sabar. Puasa juga mengajari bahwa anak selalu merasakan pengawasan tuhan. Dia tidak boleh bohong dan harus selalu jujur. Jadi puasa tidak hanya menahan haus dan lapar tetapi juga menjaga lisan dan perbuatan serta menahan emosi yang bermanfaat untuk kesehatan mental.

Puasa dapat dijadikan suplemen spiritual

Puasa adalah perintah Sang Maha Kuasa. Dengan berpuasa dengan khusuk kita akan berusaha mengendalikan nafsu. Ini merupakan cara mendekatkan diri kepada-Nya.
Itulah beberapa manfaat berpuasa.

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar