Awas, Makan Larut Malam Bisa Tingkatkan Kanker!

access_time | label Berita
Awas, Makan Larut Malam Bisa Tingkatkan Kanker!

Awas, Makan Larut Malam Bisa Tingkatkan Kanker!

 

Seringkali, Anda melewatkan waktu makan malam. Bukan karena sedang diet atau karena minum obat pelangsing, tetapi karena kesibukan yang seolah tak pernah usai. Setibanya di rumah setelah lelah bekerja seharian pun, rasanya Anda tak punya tenaga lagi untuk sekadar mengonsumsi makanan.

Namun, kondisi ini tak berlangsung lama. Seberapa sering Anda berjalan ke dapur di tengah malam karena perut Anda keroncongan? Tentunya, tak sekali dua kali, ya. Rasa lapar membuat Anda tak bisa terlelap, dengan demikian, Anda pun menyerah dan mengonsumsi makan malam meski hari sudah larut.

Well, tahukah Anda: meski sederhana, ternyata kebiasaan makan di larut malam ini bisa meningkatkan kanker? Coba cek detailnya berikut ini.

Sebuah penelitian menyebutkan, seseorang yang sering mengonsumsi makanan saat larut malam cenderung memiliki risiko terhadap berbagai masalah kesehatan. Mulai dari obesitas, jantung, dan bahkan kanker. Nah, kanker inilah yang menjadi highlight, sebab risiko terserang kanker dari seseorang yang makan larut malam adalah 70%. Sementara itu, risiko kanker dari mereka yang makan tepat waktu atau sedikit melewati batas waktu makan malam adalah 20%.

Dalam Journal of Cancer, risiko kanker yang mungkin muncul di antaranya adalah kanker payudara dan kanker prostat. Meski belum ada penelitian lebih lanjut, namun secara ilmiah hal ini bisa dijelaskan.

Biasanya, setelah mengonsumsi makanan, Anda akan langsung tertidur karena mengantuk. Itu sebabnya, makan saat larut berbahaya dari segi kesehatan karena berdampak langsung pada sistem metabolisme tubuh. Tubuh perlu bekerja keras di luar jam biologisnya sehingga dapat memicu risiko kanker.

Oleh sebab itu, dalam jurnal penelitian tersebut juga disarankan agar Anda lebih menjaga pola makan dan menghindari makan saat larut. Biasakan untuk mengonsumsi makanan secara rutin sesuai dengan waktunya dan perhatikan menu yang dimakan. Sarapan di pagi hari membuat Anda lebih berenergi dalam beraktivitas, makan siang akan membuat Anda lebih fokus saat bekerja, dan makan malam akan membuat Anda lebih nyaman saat beristirahat.

Jadi, jangan lupa untuk makan secara rutin, ya. Semoga bermanfaat!

Tags

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

Share

Komentar