UGM Kenalkan Teknologi Energi Terbarukan kepada Guru SMK di DIY

access_time | label Berita
UGM Kenalkan Teknologi Energi Terbarukan kepada Guru SMK di DIY

Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Fakultas Teknik UGM mengadakan Training dan Workshop Teknologi Energi Terbarukan Bagi Guru SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan yang dilaksanakan pada 1 – 2 Oktober lalu ini melibatkan 34 guru SMK dari kabupaten/kota di DIY. Sekretaris Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Ir. Nunung Prabaningrum, Ph.D., mengatakan kegiatan pelatihan ini dalam rangka mengenalkan kepada guru SMK mengenai energi terbarukan serta memberi pelatihan terkait teknologi energi terbarukan yang dapat diaplikasikan di masyarakat dan industri.

“Kita kenalkan pada guru-guru ini tentang pengetahuan dan teknologi energi terbarukan, seperti  teknologi mikrohidro, teknologi hidram, teknologi biofuel dan teknologi pirolisis,” kata Nunung dalam rilis yang dikirim ke wartawan, Jumat (4/10).

Selain mendapat bahan teori di kelas, para peserta melaksanakan mini praktikum keliling Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika. Para peserta berkesempatan untuk melihat dan mencoba secara langsung teknologi energi terbarukan, seperti hidram, panel surya, solar collector, pirolisis, dan proses produksi biofuel. “Di hari kedua kita ajak mereka melakukan simulasi dan pemodelan sistem energi terbarukan menggunakan simulator serta berlatih membuat Distributed Energy Monitoring System,” katanya. 

Fajar Tri Wibowo, S.Pd., guru SMKN 1 Ponjong Gunung Kidul, mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan pelatihan ini karena bisa melihat langsung dan mencoba teknologi energi terbarukan yang ada di laboratorium Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika UGM. Bagitu pun dengan Nanang Koya Setiawan. Guru dari SMK Muhammadiyah 1 Bantul menyampaikan rasa senangnya bisa bergabung dengan kegiatan ini. “Kita diajak belajar dengan alam,” kataya.

Sementara Widiastuti dari SMK N 1 Saptosari Gunungkidul merasa terinspirasi dengan kegiatan ini, “Dari kegiatan ini saya punya bahan dan nambah modul energi surya,” katanya.

Ahmad Agus Setiawan, Ph.D., selaku Kepala Laboratorium Energi Terbarukan dan koordinator mengatakan kegiatan pengenalan teknologi energi terbarukan akan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. “Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengaplikasikan di sekolahnya masing-masing dan peduli dengan pengembangan dan pemanfaatan teknologi energi terbarukan,” pungkasnya. (Humas UGM/Gusti Grehenson)



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/18541-ugm-kenalkan-teknologi-energi-terbarukan-kepada-guru-smk-di-diy

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Share

Komentar