Logo Eventkampus

Ketahuilah Jenis Trauma Yang Sering Dialami Banyak Orang Dalam Kehidupan Sehari – Hari

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Ketahuilah Jenis Trauma Yang Sering Dialami Banyak Orang Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Semua orang pasti pernah mendengar kata trauma. Ya, trauma sering dikaitkan dengan kejadian atau keadaan tertentu yang dialami oleh seseorang hingga menimbulkan tekanan secara emosional dan psikologis.  Kejadian yang dialami biasanya merupakan kejadian yang mengerikan dan menakutkan hingga mampu membuat seseorang merasa takut serta cemas yang berlebih hingga dapat menyebabkan depresi.

Untuk mengobatinya, terapi melalui psikolog adalah jalan terbaik dalam menyembuhkan semua trauma  agar tidak alergi dengan benda yang ditakuti sekaligus memulihkan ingatan seperti sedia kala, dan sebaiknya kita pelajari terdahulu yuk beberapa jenis-jenis trauma yang biasanya kerap dialami orang banyak.

1.     Trauma Menjalankan Hubungan

Sering disepelekan oleh banyak orang, namun salah satu dari jenis-jenis trauma yang satu ini memang dapat menyebabkan seseorang yang mengalaminya berpikir tak jernih. Jenis trauma ini memang lebih mengarah ke arah kisah cinta seseorang yang berangsur gagal, bisa karena ditolak, ditinggalkan, hingga gagal menikah.

2.     Trauma Masa Lalu

Salah satu jenis trauma yang paling sering ditemui ialah trauma yang diakibatkan oleh kejadian di masa lalu. Bisa berupa kecelakaan, kekerasan oleh keluarga, anggota keluarga yang meninggal, atau pelecehan seksual. Beberapa kejadian tersebut dapat menyebabkan trauma biasanya dikarenakan usia yang terlalu dini pada saat mengalaminya. Seseorang yang mengalami trauma masa lalu akan mengalami ketakutan jika beberapa hal tersebut dapat terjadi di masa depannya.

3.     Trauma Karena Diabaikan

Bagi beberapa anak yang dari kecil seperti ditelantarkan oleh keluarga maupun orang tuanya sendiri, biasanya akan mengalami salah satu dari jenis-jenis trauma pada umumnya. Seseorang yang mengalami trauma karena diabaikan akan menjadi sosok penyendiri, sulit untuk bergaul, dan dirundungi pikiran negatif.

4.     Trauma Akibat Bullying

Menjadi salah satu dari jenis trauma yang paling banyak menyerang anak sekolah, sampai detik ini trauma akibat bullying semakin meningkat. Seseorang yang saat sekolah mendapatkan perlakuan tidak adil dari teman-temannya baik secara verbal maupun non verbal yang mengakibatkan terganggunya psikis seseorang dan menjadi sulit untuk bisa menjalin relasi dengan orang lain.

5.     Trauma dengan segala yang berbau rumah sakit

Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang mengalami jenis trauma yang satu ini, atau mungkin kamu sendiri yang mengalaminya? Yup, termasuk ke dalam jenis trauma yang paling sering dialami banyak orang. Jenis trauma ini menyebabkan penderitanya merasa takut pada segala hal yang berbau rumah sakit seperti ruangan rumah sakit, dokter, jarum suntik, dan peralatan rumah sakit lainnya. Penyebab paling tinggi ialah karena sering ditakuti dan diancam pada saat masih kecil.

6.     Trauma Yang Diakibatkan Bencana Alam

Di tengah banyaknya bencana alam yang menyerang berbagai wilayah ternyata tak hanya menimbulkan korban jiwa saja, tetapi juga dapat menyebabkan trauma yang cukup berat. Salah satu dari jenis-jenis trauma yang suda dibahas, jenis trauma yang satu ini memang masih dapat diatasi dengan korban mencari tempat tinggal yang jauh dari tanda-tanda bendana alam seperti banjir, longsor, tsunami, dan lain-lain.

Nah, itu dia beberapa jenis trauma yang kerap kali ditemui pada banyak orang. Jika kamu atau temanmu mengalami salah satu jenis trauma seperti yang sudah dibahas, sebaiknya segera arahkan ke orang yang dipercaya atau bisa langsung ke psikolog. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

4 MAANFAAT MELEPAS BRA SAAT TIDUR
04 Juli 2018
Bermain ponsel terlalu lama bisa menyebabkan cepat tua
17 Juli 2018
Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh
15 Januari 2020
Khasiat Semangka Bagi Kesehatan
27 Januari 2020
Makanan Yang Harus Di Hindari Sebelum Berolahraga
28 Januari 2020
Manfaat Buah Murbei Untuk Kesehatan
04 Februari 2020

Komentar