Logo Eventkampus

Ini Gejala Banyak Racun di Tubuh, Badan Mengalami Lemas, Cara Mengatasinya

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Ini Gejala Banyak Racun di Tubuh, Badan Mengalami Lemas, Cara Mengatasinya

Ini Gejala Banyak Racun di Tubuh, Badan Mengalami Lemas, Cara Mengatasinya

Tanpa disadari, bahwa makanan dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari dapat membuat banyak racun yang kemudian menumpuk di dalam tubuh.

Ilustrasi gejala tubuh banyak racun

Ini Gejala Banyak Racun di Tubuh, Badan Mengalami Lemas, Cara Mengatasinya

Jika badan kurang bersemangat dan mengalami kekurangan energi, mudah tersinggung, memiliki masalah pada perut dan menderita sakit kepala, ini menandakan tubuh kita memiliki banyak racun.

Dari beberapa tanda-tanda tersebut bagaimana menanganinya agar racun yang berlebihan sehingga dapat mendetoksifikasi tubuh dan merasa lebih baik dalam 30 hari.

Tanpa disadari, bahwa makanan dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari dapat membuat banyak racun yang kemudian menumpuk di dalam tubuh. Tentu saja racun ini dapat memengaruhi kerja organ di dalam tubuh, mulai dari otak, ginjal, paru-paru, dan lainnya.

Organ-organ tersebut tentunya memiliki fungsi yang penting untuk menyingkirkan zat-zat berbahaya dalam tubuh. Jika kerjanya terganggu, maka akan membuat racun terendap di dalam tubuh dan membahayakan kesehatan.

Berikut ini tulisan yang diambil dari nakita.grid.id untuk memastikan kondisi dengan cara mengenali gejala-gejala tubuh yang terlalu banyak racun:

1. Kelelahan yang Konsisten

Kekurangan jam tidur atau terlalu banyak bekerja, jam kerja melebihi waktu yang ditentukan.

Ini mungkin menunjukkan bahwa tubuh dalam bekerja terlalu keras untuk menghilangkan racun di tubuh.

Jika dalam menggunakan kopi dan makanan manis untuk mengatasi kelelahan, harus tahu bahwa itu hanya memperburuk masalah.

Oleh karena itu kelelahan juga bisa sebagai respons terhadap gangguan hormon yang merusak kekebalan.

2. Berat Badan Berlebih

Kehilangan berat badan tidak mudah, tetapi jika terus bertambah bahkan jika dalam berolahraga setiap hari dan mengurangi kalori, kemungkinan memiliki masalah hormonal.

Anehnya, fungsi hormon dapat dipengaruhi oleh racun dari makanan yang kita konsumsi dan produk untuk perawatan pribadi.

Anda perlu melakukan detoksifikasi tubuh dan memberi kesempatan pada tubuh untuk melawan racun.

3. Bau mulut

Permasalahan mau mulut yang tidak dapat dihilangkan, meskipun disikat, mengunyah permen karet, berkumur dan makan permen?

Kemungkin akan mengalami masalah pada pencernaan, atau hati Moms berjuang untuk menghilangkan racun dari tubuh.

Anda tentunya perlu mencari akar masalah dan kemudian menyingkirkannya.

4. Sembelit

Racun dieliminasi oleh usus setiap hari.

Ketika kita berurusan dengan sembelit, itu artinya racun disimpan dan menyebabkan masalah pada tubuh.

Ini mungkin akibat mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung banyak pestisida, bahan kimia dan pengawet.

5. Sensitivitas terhadap Aroma

Jika tubuh Anda bereaksi keras terhadap bau, terutama wewangian, sensitif terhadap bahan kimia atau tubuh Anda sedang berjuang dengan racun yang berlebihan.

Anda dapat mengatakan bahwa benar-benar kelebihan racun jika sakit kepala dan gangguan perut disebabkan hanya oleh aroma.

6. Nyeri Otot dan Nyeri

Jika ini tidak diakibatkan dari latihan di hari sebelumnya, ada kemungkinan bahwa rasa sakit di otot dan persendian disebabkan oleh racun.

Ini terutama terjadi jika Anda mengalami nyeri otot secara teratur.

7. Reaksi Kulit

Kelebihan racun juga dapat menyebabkan ruam, jerawat dan masalah kulit lainnya.

Terutama jerawat terhubung dengan kelebihan racun dalam makanan kita dari produk perawatan kulit.

Eksim, psoriasis, dan mata bengkak juga merupakan tanda bahwa Anda telah mencapai batas racun.

Berikut beberapa hal yang harus di lakukan jika badan terasa terus-menerus lemas dengan cara detoks alami yang mudah dilakukan :

1. Mengkonsumsi Makanan Sayur yang Banyak Mengandung Serat

Sayuran yang kaya kandungan serat akan memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk mengonsumsinya setiap hari, baik dalam bentuk jus maupun olahan setengah jadi dari berbagai sayuran yang mengandung serat banyak sebagai detoksifikasi tubuh.

2. Minum Jus Lidah Buaya 2 Kali Sehari

Lidah buaya memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Tak hanya dapat membuat rambut tumbuh dengan subur, juga berfungsi mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Zat antioksidan di dalam lidah buaya membantu menghilangkan racun-racun berbahaya.

Konsumsilah jus lidah buaya 2 kali sehari, yakni pagi dan sore hari, untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam organ tubuh. Lakukan dengan rutin dan rasakan khasiatnya.

3. Minum Air Lemon Hangat Ditambah Madu

Cara alami detoksifikasi yang mudah dilakukan adalah dengan mencampur air lemon dan madu. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup peras satu buah lemon, kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu, setelah itu seduh dengan air panas.

Minum selagi masih hangat, dan lakukan rutin setiap pagi hari. Maka nantinya, racun-racun di dalam usus akan keluar melalui air seni dan feses. Dengan begitu, badan akan terasa bugar dan sehat.

4. Makan Bawang Putih Segar ataupun Olahan

Meskipun terdengar unik, namun bawang putih memiliki peran yang penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Kandungannya yang kaya antioksidan membuat tubuh selalu terlindungi dari penyakit, serta membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh. Konsumsi bawang putih dengan berbagai cara, seperti sebagai campuran masakan, atau sekadar disantap mentah-mentah.

5. Minumlah Teh Herbal

Mulai dari teh hitam, teh hijau, teh kayu manis, dan beragam teh herbal lainnya, juga sangat bagus untuk membersihkan racun-racun yang terendap di dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi teh herbal ini di pagi hari sebelum beraktivitas, kemudian rasakan perbedaannya dalam tubuh Anda dengan ketika sebelum rutin meminumnya.

6. Konsumsi Air Putih

Ginjal berfungsi untuk menghasilkan urin yang merupakan sarana guna mengeluarkan racun-racun berbahaya di dalam tubuh.

Sehingga sangat baik bila mengonsumsi air putih untuk membantu kerja ginjal Anda. Setidaknya, konsumsi 2,5 liter air putih setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jika perlu, Anda bisa menambah jumlahnya saat ingin melakukan detoksifikasi.

7. Keluarkan Racun Melalui Keringat

Cara detoksifikasi lainnya yang mudah dilakukan adalah dengan mengeluarkan keringat. Keringat merupakan salah satu cara yang digunakan tubuh untuk dapat mengeluarkan racun.

Sebuah penelitian menjelaskan jika terdapat kandungan timbal, cadmium, arsenic dan merkuri dalam keringat yang dikeluarkan manusia. Lalu bagaimana cara mengeluarkan keringat? Anda bisa melakukan olahraga ataupun sauna. Setidaknya, melakukan olahraga 30 menit setiap harinya sudah cukup bagi tubuh kita.

8. Lakukan Puasa dan Hindari Stres

Tanpa disadari, saat menjalankan puasa, Anda juga sedang melakukan pembersihan tubuh dari segala racun-racun yang mengendap di dalamnya.

Saat sedang puasa, tentunya Anda tidak akan makan dan minum selama beberapa jam. Saat inilah yang dimanfaatkan tubuh untuk melakukan pembersihan serta beristirahat.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika Anda menghindari diri dari stres, sehingga memberikan waktu untuk tubuh beristirahat penuh secara fisik dan mental. Mungkin Anda bisa melakukannya 1 kali dalam seminggu.

Penulis

foto Cahyo Bagus Putro Pratomo
Cahyo Bagus Putro Pratomo
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

Manfaat Kulit Ayam Bagi Kesehatan
04 Februari 2020
Manfaat Berjalan Di Atas Rumput Tanpa Alas Kaki
05 Februari 2020
Manfaat Melamun Untuk Kesehatan Tubuh
10 Februari 2020
Ketahuilah Jenis Trauma Yang Sering Dialami Banyak Orang Dalam Kehidupan Sehari – Hari
18 Februari 2020
Manfaat Odol Selain Pasta Menyikat Gigi, No. 5 Membuat Wanita Terkejut dan Tersenyum lebar
27 Februari 2020
Meski Tanpa Parfum, 5 Cara Ini Bisa Membuat Tubuhmu Wangi Secara Alami
27 Februari 2020

Komentar